Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bisa Berinvestasi di 500 Saham Bursa AS, Pluang Ajak Masyarakat Ubah Perilaku Konsumtif Menjadi Produktif

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pluang, aplikasi investasi multi-aset memperluas akses investor ritel dengan memfasilitasi pilihan investasi saham Amerika Serikat (AS) hingga lebih dari 600 pilihan aset. Jumlah ini sepuluh kali lipat dari jumlah aset sebelumnya.

Masyarakat Indonesia memiliki kesempatan meraih potensi finansial lebih luas di pasar saham terbesar di dunia hanya dengan berinvestasi mulai dari US$ 0,3 atau di bawah Rp 5.000.

Co-Founder Pluang, Claudia Kolonas menjelaskan, untuk pertama kalinya, masyarakat Indonesia bisa berinvestasi di berbagai saham perusahaan global terbaik dengan modal yang sangat terjangkau.

Ini solusi bagi sebagian masyarakat yang masih menjalani perilaku pola hidup konsumtif yang diharapkan menjadi lebih produktif dengan bisa langsung memiliki saham dari berbagai merek yang mereka gunakan atau konsumsi sehari-hari.

“Inklusi keuangan menjadi komitmen jangka panjang Pluang dan prinsip utama dalam menciptakan berbagai inovasi produk. Termasuk 500+ pilihan baru saham AS yang tersedia. Mulai dari sektor teknologi, farmasi, consumer goods sampai ke klub sepakbola,” terang Claudia, Jumat (9/6).

Pluang mencatat pertumbuhan jumlah pengguna sampai dua kali lipat dan pertumbuhan aset kelolaan sampai lima kali lipat di saham AS dalam setahun terakhir.

Imam Nugraha, Head of Financial Academy Pluang menjelaskan, pilihan aset yang semakin luas ini memungkinkan investor mengeksplorasi berbagai pilihan saham sesuai momentum dan minat para investor yang semakin bertumbuh pesat.

Saham AS biasanya dikelompokan berdasarkan sektor terlebih dahulu. Lalu melihat lebih dalam pada valuasi setiap perusahaan yang ada.

Setidaknya terdapat empat klasifikasi saham. Yakni saham AS defensif (resilien akan kondisi pasar yang tidak menentu), saham AS dengan valuasi rendah (lebih rendah dari sisi P/E ratio jika dibandingkan perusahaan lain pada sektor sejenis), saham AS spekulatif (bergantung dengan sentimen publik) dan growth stocks (perusahaan memiliki laju pertumbuhan laba/pendapatan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pasar).

“Pada 500 lebih pilihan saham AS baru ini, semua jenis kategori saham tersebut dapat diakses oleh masyarakat Indonesia dan memungkinkan investor mendapatkan pengalaman berinvestasi terbaik serta mengulik gaya investasi saham yang cocok dengan profil risiko finansia mereka,” terang Imam.

Baca juga: Pluang Tegaskan, Platform Investasi Perlu Berdayakan Investor Ritel

Dalam menawarkan produk saham AS, Pluang bermitra dengan PT PG Berjangka. Ini adalah perusahaan pialang berjangka Indonesia yang telah memperoleh izin Penyaluran Amanat Nasabah ke bursa Luar Negeri (PALN) dan Peserta Perdagangan Sistem Alternatif (Peserta SPA) dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Bappebti).

PT PG Berjangka bekerja sama dengan Alpaca Securities LLC, broker-dealer yang
terdaftar di Securities and Exchange Commission (SEC) dan Financial Industry Regulatory Authority (FINRA). Yakni mentransaksikan pembelian saham AS langsung di pasar saham AS (NYSE dan NASDAQ).

Mekanisme jual beli saham AS di platform Pluang dilakukan melalui Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan dijamin Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Dari segi legalitas, para pengguna Pluang yang telah melakukan investasi saham AS dapat melihat transaksi dan jumlah kepemilikannya langsung pada sistem yang disediakan BBJ dan KBI.

Ratusan pilihan saham AS dari berbagai industri ini tentu didukung dengan fitur inovatif yang memudahkan investor pemula untuk mempelajari dan memilih saham yang sesuai dengan profil risiko mereka.

Pocket merupakan fitur yang memungkinkan pengguna berinvestasi di berbagai
jenis saham AS sekaligus. Aset-aset ini bisa dikelompokan berdasarkan profil risiko, sektor, atau bahkan analisa pribadi dari investor tersebut.

Misal, para investor jangka panjang bisa mengumpulkan saham-saham dengan dividen tinggi.

Sektor energi, consumer goods dan telekomunikasi bisa menjadi pilihan para investor saham AS pemula untuk mendapatkan yield yang konsisten dalam jangka panjang.

Apabila pengguna masih belum familiar dengan pasar saham AS, pilihan kategori Pocket yang telah dikurasi Pluang bisa menjadi pilihan. “Pengguna bisa memilih kelompok saham AS dari sektor teknologi – kecerdasan buatan/AI (C3.AI & Palantir Technologies) sampai entertainment populer (Paramount Global, Spotify)” jelas Imam.

Lalu bagaimana dengan para trader? Selama satu tahun terakhir Pluang telah menggodok inovasi fitur yang mampu membuat pengalaman trading investor jauh lebih sederhana dan memaksimalkan potensi keuntungan trading saham di berbagai momentum pasar.

Fitur Leverage memungkinkan pengguna untuk mendapatkan profit dua kali lipat dengan berinvestasi setengah harga dari total unit saham dengan nominal 0,1 unit.

Karena karakteristik risiko aset saham AS yang relatif tinggi, Pluang juga mengajak para investor ritel Indonesia untuk mempelajari seputar Leverage dari Pluang Akademi. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER