Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Jamdatun Resmikan Kerja Sama dengan Merah Putih Fund untuk Pendampingan Hukum Pengelolaan Modal Ventura

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) bersama lima Corporate Venture Capital (CVC) bagian dari BUMN yang terdiri dari Mandiri Capital Indonesia, BRI Ventures, BNI Ventures, MDI Ventures dari Telkom Group, dan TMI dari Telkomsel, meresmikan kerja sama pendampingan hukum untuk Merah Putih Fund.

Ini adalah pengelolaan aset BUMN terkait Dana Ventura dari Merah Putih Fund dengan total dana kelolaan sebesar US$ 300 juta dengan Mandiri Capital Indonesia sebagai Fund Manager.

Feri Wibisono, Jamdatun Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia menyampaikan, kerja sama pendampingan hukum yang dilakukan Merah Putih Fund merupakan tanggung jawab dari kelima Corporate Venture Capital (CVC) dalam melaksanakan prinsip Good Corporate Governance (GCG) sebagai fundamental dalam mendukung pengelolaan dana ventura.

Menurut Feri, kerjasama pendampingan hukum menjadi bentuk pemenuhan prinsip-prinsip dalam fiduciary duty atau kewajiban fidusia.

Baca juga:

“Yakni engikuti hukum yang berlaku (duty to act lawfully), memperhitungkan segala risiko dari keputusan yang dibuat (duty of care), kewajiban melaksanakan kepengurusan Merah Putih Fund, dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab (duty of diligence), mematuhi segala tindakan sejalan dengan kepentingan MPF (duty of loyalty) serta bertindak menurut keahlian secara profesional (duty of skill),” terang Feri, Selasa (11/7).

Didik Julianto, Kepala Auditorat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), mengatakan bahwa, BPK memiliki kewenangan melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan dan tanggung jawab keuangan BUMN termasuk di dalamnya Merah Putih Fund.

Dalam melaksanakan pemeriksaan, BPK membedakan secara tegas apakah kerugian BUMN merupakan kerugian negara atau kerugian bisnis. Kerugian BUMN yang timbul karena tidak dijalankannya GCG dan Business Judgement Rules atau karena adanya perbuatan melawan hukum dapat dikategorikan sebagai kerugian negara.

“Sedangkan kerugian BUMN yang timbul semata-mata karena risiko bisnis dimana GCG dan BJR telah dijalankan secara memadai maka kerugian tersebut dikategorikan sebagai kerugian bisnis,” terang Didik.

Implementasi GCG berfungsi menjaga keseimbangan antara kekuatan dan kewenangan Merah Putih Fund untuk menjamin kelangsungan eksistensinya dan pertanggungjawaban kepada stakeholders. GCG diterapkan pada proses pengadaan atau perolehan dana, penggunaan atau penempatan dana hingga divestasi. Pengendalian atas GCG didasari dari pelaksanaan prinsip-prinsip GCG yang terdiri dari transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan kelayakan.  

Dennis Pratistha, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Mandiri Capital Indonesia (MCI) yang juga merupakan Fund Manager Merah Putih Fund, mengatakan, Merah Putin Fund berkomitmen menjalankan GCG. Ini memastikan berjalannya transparansi dan akuntabilitas terkait pengelolaan dana ventura dalam setiap tahap.

“Mulai dari pelaksanaan sesuai dengan praktik terbaik dan peraturan yang berlaku, memastikan peran dan tanggung jawab dari setiap pihak yang bersangkutan yaitu fund manager, investor, investment committee dan independent investment committee, serta pembuatan Standard Operational Procedures yang kuat dan menyeluruh untuk investasi, aktivitas manajemen, portofolio dan divestasi.” 

Merah Putih Fund, memastikan transparansi dalam pengelolaan pendanaan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada para pemangku kepentingan dan publik.

“Peran utama Merah Putih Fund, aitu menjadi jembatan untuk soonicorns bersinergi dalam ekosistem BUMN yang diharapkan turut mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia”, tutup Eddi Danusaputro, Ketua PMO Merah Putih Fund dan CEO BNI Ventures.

Merah Putih Fund adalah salah satu dari tiga program unggulan Gerakan Akselerasi Generasi Digital (AGP) yang mendapat dukungan penuh dari Menteri BUMN, Erick Thohir dan diresmikan Presiden Indonesia Joko Widodo pada tanggal 17 Desember 2021 lalu.

Merah Putih Fund, berhasil mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 18 Juli 2022. Harapannya Merah Putih Fund, dapat menjadi platform untuk mendukung akselerasi startup lokal yang berpotensi menjadi unicorn melalui kolaborasi bisnis dan modal, dan juga membangun sinergi potensi solusi digital di berbagai sektor. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER