Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) Targetkan Penjualan Rp 18 Miliar diu 2023 dan Terus Garap Pasar Ekspor

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) menyampaikan laporan keuangan tahunan 2022. Pada saat itu, KLIN juga menyampaikan penjualan sebesar Rp 3,5 miliar pada bulan Januari-Mei 2023, meningkat 50% atau Rp1,1 miliar dibanding periode yang sama pada tahun 2022 (year-on-year).

Salah satu pemicu, peningkatan produksi pasca perluasan pabrik pada akhir tahun 2022. Kapasitas produksi KLIN kini meningkat lebih dari lima kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Saat ini kapasitas produksi KLIN mencapai 125.000 unit per bulan. 

KLIN menargetkan angka penjualan mencapai Rp 18 miliar pada tahun 2023 ini. Untuk mencapai target tersebut, pasar domestik masih menjadi target utama. KLIN terus menambah kerja sama dengan distributor lokal untuk memperkuat jalur distribusi. Saat ini distributor lokal KLIN sudah mencapai 26 distributor dan 2 modern outlet yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur.

Strategi KLIN lain adalah memperluas pasar ekspor. Setelah melakukan ekspor perdana ke Malaysia pada awal Juni lalu, KLIN juga melakukan ekspor ke Italia pada Rabu, 21 Juni 2023. Produk yang diekspor ke Italia adalah 17.000 pcs lobby duster dengan nilai ekspor sebesar Rp 400 juta.

Baca juga: Dukung UMKM Jawa Timur Ekspor ke Pasar Global, Ini Langkah Bank BNI

Ekspor ke Italia ini merupakan yang kedua kali. Sebelumnya KLIN sudah melakukan ekspor ke Italia pada Februari 2023 lalu. Varian ukuran lobby duster ertambah menjadi empat varian ukuran dibandingkan sebelumnya yang hanya dua varian ukuran. Secara keseluruhan, KLIN memproyeksikan nilai penjualan ekspor di tahun ini mencapai Rp 3 miliar.

Produk Klinko sudah diekspor ke berbagai belahan dunia, antara lain ke Italia, Singapura, Brasil, Yunani, Korea Selatan, Mauritius, Oman, Amerika Serikat, dan Malaysia. Selanjutnya Klinko berencana untuk melakukan ekspor kembali ke negara-negara di Eropa.

Direktur Utama PT Klinko Karya Imaji Tbk, Anggun Satriya Supanji mengungkapkan bahwa KLIN merupakan pioneer manufaktur alat kebersihan daur ulang di Indonesia yang memanfaatkan benang daur ulang hingga 90% bagi keseluruhan material produknya.

Produk alat kebersihan Klinko menggunakan material daur ulang limbah tekstil sebagai unsur utama yang memiliki daya serap tinggi sehingga mempercepat dan mempermudah kegiatan membersihkan rumah.

“Kami yakin kualitas produk kami mampu menembus pasar internasional, terutama dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dunia akan produk yang eco-friendly,” ujar Anggun, belum lama ini. (alo)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER