Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Siap-Siap Maybank Marathon 2023 Segera Digelar di Bali

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Maybank Indonesia menyampaikan perkembangan persiapan penyelenggaraan ‘Elite’ label road race pertama dan satu-satunya di Indonesia Maybank Marathon 2023 pada 27 Agustus 2023 mendatang, Ajang ini bertempat di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali.

Memasuki tahun ke-12 penyelenggaraan Maybank Marathon, Maybank Indonesia mencatat sekitar 13.600 peserta yang terdaftar di tiga kategori yaitu, Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km) dan 10K.

Jumlah peserta Maybank Marathon tahun ini meningkat sebesar 37% dibandingkan peserta Maybank Marathon tahun 2022. Peningkatan ini berbanding lurus dengan bergairahnya kembali mobilisasi masyarakat memasuki masa endemi.

Dari segi kewarganegaraan, Maybank Marathon 2023 didominasi peserta dari Indonesia. Menyusul peserta dari Malaysia, Jepang, Singapura, Australia, Inggris, dan negara lain.

Selain itu, Maybank Marathon 2023 juga akan memperlombakan kategori children sprint dan kategori wheelchair seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria mengatakan, peningkatan peserta ini tertinggi sepanjang penyelenggaraan Maybank Marathon sejak pertama kali diselenggarakan pada 2012.

“Di lain sisi, peningkatan jumlah peserta ini juga mencerminkan respon masyarakat yang semakin positif terhadap olah raga atletik, khususnya maraton. Serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat melalui olahraga lari,” terang Taswin, Selasa (22/8).

Maybank Marathon merupakan ajang lomba lari yang terus berevolusi hingga menjadi bagian dari jaringan ‘Elite’ label road race oleh World Athletics. Ajang ini praktis dapat diikuti pegiat lari maupun masyarakat dengan kesiapan fisik yang prima untuk mencetak personal best.

Atau menjadikan Maybank Marathon sebagai wadah untuk merealisasikan aspirasi dalam mencapai jenjang yang lebih tinggi di bidang olah raga lari ke depannya.

Total hadiah Maybank Marathon 2023 mencapai lebih dari Rp 2,7 miliar untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor.

Ada berbeda pada penyelenggaraan Maybank Marathon tahun ini. Yakni terjalinnya kerja sama sister marathon dengan Bangsaen42 Chonburi Marathon di Thailand.

Di tahun pertama kerja sama ini, Maybank Indonesia akan memberikan slot lari gratis bagi total 40 finishers Maybank Marathon 2023 kategori Marathon Open, Marathon Nasional, dan Marathon Master yang mencatatkan waktu terbaik untuk mengikuti lomba kategori Marathon (42,195 km) di Bangsaen42 Chonburi Marathon pada bulan November 2023.

Baca juga: Hari Ini, Selasa 4 April 2023, Registrasi Maybank Marathon 2023 Dibuka, Ada Diskon 30%, Cek Di Sini

Demikian juga, total 40 pelari Bangsaen42 Chonburi Marathon berkesempatan untuk berlomba di ajang Maybank Marathon 2024.

Menjelang Maybank Marathon 2023, tim panitia telah melakukan serangkaian persiapan. DI antaranya, mengundang atlet lari elit internasional sebagai salah satu syarat yang ditetapkan World Athletics terhadap ajang ‘Elite’ label.

Maybank Marathon 2023 akan melibatkan 12 atlet elit internasional. Selain itu, panitia juga telah melakukan inspeksi terhadap seluruh rute lintasan Maybank Marathon 2023 dan berkoordinasi dengan Pemerintah serta aparat keamanan Provinsi Bali.

Project Director Maybank Marathon, Widya Permana mengatakan, faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta lari adalah prioritas setiap penyelenggaraan Maybank Marathon.

“Sejak penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 diumumkan Januari lalu, panitia telah melakukan serangkaian persiapan. Meliputi pengecekan rute lari agar tetap dalam kondisi prima dan memenuhi standar serta sertifikasi yang ditetapkan World Athletics. Serta aspek pendukung lainnya guna memastikan penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 dapat berlangsung dengan aman dan nyaman bagi seluruh peserta,” terangnya.

Widya melanjutkan, 13 Agustus lalu, program pelatihan Road to Maybank Marathon telah selesai serentak di enam kota yakni, Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Road to Maybank Marathon telah dimulai sejak 14 Mei lalu dan diikuti oleh lebih dari 5.000 peserta komunitas lari dari kota-kota tersebut.

Pelatihan meliputi sesi lari jarak dekat hingga jarak jauh (long run), strength training, running clinic, edukasi terkait asupan nutrisi dan waktu istirahat. Dipandu oleh coach yang berpengalaman di bidang sport recovery & mobility.

Pelatihan ini merupakan bagian dari penerapan aspek keselamatan, khususnya kesiapan fisik pelari untuk mengikuti lomba.

Tahun ini, Maybank Marathon akan mengerahkan 45 pacer berbekal keterampilan dalam penanganan First Aid Emergency CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), 850 marshall dan sekitar 180 staf paramedis.

Di samping itu, terdapat 30 unit ambulans terdiri dari 12 mobil ambulans, 17 sepeda motor ambulans dan satu mobil ambulans berstandar Instalasi Gawat Darurat di sepanjang rute lari.

Panitia Maybank Marathon 2023 masih memberlakukan peraturan ‘You Register, You Run’ yang mewajibkan seluruh peserta mengambil race pack sesuai nama yang terdaftar dan tidak dapat diwakilkan.

Slot lari tidak dapat dipindahtangankan dan peserta hanya dapat berlari di kategori yang telah dipilih. Penerapan ‘You Register, You Run’ adalah untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan para pelari saat mengikuti lomba.

Tahun ini, Maybank Marathon akan memanfaatkan teknologi face recognition untuk mendukung penerapan ‘You Register, You Run’ pada proses pengambilan race pack.

Sebelum lomba lari Maybank Marathon 2023 diselenggarakan pada Minggu, 27 Agustus 2023, peserta dapat mengambil race pack atau Race Pack Collection (“RPC”) pada 25-26 Agustus 2023 di Taman Bhagawan, Tanjung Benoa, Bali.

“Kami juga akan menggelar kegiatan promosi melalui Maybank Interactive Lounge dan memanfaatkan pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang tersedia pada aplikasi digital banking M2U untuk mengenalkan layanan perbankan Maybank Indonesia kepada para peserta,” tambah Widya. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER