Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Usia 34 Tahun, Bank Raya Perkuat Fundamental Bisnis Digital Serta Dukung Pertumbuhan Pelaku Usaha dan Community 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Memasuki usia ke 34, Bank Raya terus memperkuat fundamental bisnis digital agar bertumbuh secara berkelanjutan. Untuk memperkuat fundamental bisnis digital, anak usaha Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini akan memfokuskan pada sejumlah area strategis yaitu mempererat sinergi dengan ekosistem BRI Group.

Selain itu, memperkuat produk dan layanan perbankan digital agar siap berkolaborasi dengan pelaku usaha dan komunitas untuk mendukung pertumbuhan bisnis digital. Serta inovasi berkelanjutan di aplikasi Raya untuk menghadirkan solusi perbankan digital end-to-end yang semakin terintegrasi.  

Di tahun ini, genap dua tahun Bank Raya bertransformasi menjadi bank digital. Ditandai sejumlah pencapaian. Di antaranya pencapaian laba bersih sebesar Rp9,3 Miliar pada Juni 2023.

Pencapaian ini didukung oleh pencapaian digital saving sampai Juni 2023 yang mencapai frekuensi lebih dari 122.700 kali transaksi, dan pencapaian digital lending sebesar 23,71% yoy. Sehingga pinjaman digital Bank Raya tercatat sebesar Rp 806,5 miliar. Meningkat dari tahun sebelumnya yaitu Rp 651,9 miliar

Ida Bagus Ketut Subagia, Direktur Utama Bank Raya mengatakan, Bank Raya memiliki competitive advantage menjangkau masyarakat Indonesia secara lebih luas melalui jaringan BRI. Salah satunya adalah dengan menggarap peluang pertumbuhan usaha Agen BRILink melalui produk Pinang Dana Talangan dan Pinang Performa Pro.

“Sehingga ke depan nasabah dapat terus terhubung dan terdukung dengan layanan produk dan jasa perbankan yang lebih luas untuk peningkatan produktivitas dan  perluasan usaha mereka,” kata Bagus, pekan lalu.

Model bisnis pinjaman digital Bank Raya adalah merangkul para pelaku usaha  dengan memberikan kemudahan akses plafon pinjaman yang lebih besar menyesuaikan dengan tingkatan keagenan/usaha mereka. 

Saat ini Agen BRILink dapat mengakses pinjaman Pinang Dana Talangan hingga Rp 50 juta melalui aplikasi Brilink Mobile. Agen BRILink juga dapat menikmati fasilitas pinjaman usaha produktif di Bank Raya melalui Pinang Performa Pro.

Baca juga: Melalui Pinang Dana Talangan, Bank Raya Geber Salurkan Kredit ke Agen BRILink

Pinang Performa Pro menyasar pertumbuhan usaha yang lebih besar dengan plafon pinjaman hingga Rp 500 juta. Proses pengajuan, akad kredit, dan pencairan dapat dilakukan tanpa harus ke kantor cabang, dan waktu pencairan yang cepat.

Sampai dengan Agustus 2023, Pinang Dana Talangan telah menjangkau lebih dari 24.000 Agen BRILink, dengan total disbursement mencapai Rp 6,2 Triliun.

Mendukung pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik di tahun 2023, Bank Raya membidik akses kolaborasi dengan pelaku usaha dan komunitas. Upaya ini dengan membuka sejumlah Community Branch baru di sejumlah kota salah satunya Denpasar. 

“Community Branch ini akan mengakomodasi kebutuhan finansial nasabah retail, pelaku usaha, dan juga komersial. Sedangkan, bagi nasabah ritel atau individu, semua kebutuhan perbankan digital sudah tersedia secara lengkap di aplikasi Bank Raya,” ujar Bagus.

Community Branch memiliki nuansa yang berbeda dengan kantor cabang konvensional pada umumnya. Community Branch menghadirkan layanan yang lebih modern. Suasana yang dibangun di Community Branch dibuat lebih casual untuk mengakomodir kebutuhan literasi dan inklusi keuangan untuk komunitas. Saat ini Bank Raya memiliki 8 Kantor Cabang dan 10 Community Branch di Indonesia.

Lalu, genap 2 tahun bertransformasi menjadi bank digital, Bank Raya akan terus membangun bisnis dengan pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan melalui pendekatan berbasis produk dan customer experience. 

Pemanfaatan teknologi seperti artificial inteligence, natural language processing, data analytics, dan peningkatan keamanan di aplikasi melalui keamanan berlapis akan terus kami optimalkan sebagai bagian dari investasi Bank Rayauntuk menghadirkan solusi inovatif perbankan digital yang aman dan terpercaya.

“Kami yakin, dengan mengutamakan layanan pada pelanggan, kami akan terus meningkatkan loyalitas yang berujung pada peningkatan frekuensi penggunaan aplikasi Bank Raya,” kata Bagus.

Setahun terakhir, Bank Raya telah menambah sejumlah 13 fitur baru di aplikasi Raya yang membantu lebih dari 750.000 nasabah Bank Raya. Tidak hanya sekedar menabung dan mengelola keuangan, juga membayar tagihan dan pembayaran transaksi sehari-hari. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER