Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

OJK dan Otoritas di ASEAN Terus Mendorong Pasar Modal Berkelanjutan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan ASEAN Capital Market Forum (ACMF) merealisasikan roadmap pasar modal berkelanjutan di ASEAN untuk meningkatkan ekonomi berkelanjutan di seluruh kawasan.

Roadmap pasar modal berkelanjutan ACMF ini memperkuat komitmen kawasan terhadap agenda iklim global sekaligus mengatasi tantangan dan peluang yang spesifik terhadap pembangunan berkelanjutan dan pasar keuangan di Asia Tenggara.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar menyampaikan, kemajuan Indonesia mendukung pembiayaan transisi dan komitmen yang kuat guna mendorong keuangan berkelanjutan untuk memfasilitasi transisi menuju perekonomian rendah karbon.

“Untuk mencapai transisi yang berkelanjutan, inklusif, dan adil memerlukan partisipasi pemangku kepentingan dan kerja sama internasional. Untuk memastikan hal ini, kita perlu menyadari peran penting yang dimainkan oleh industri, misalnya, memberikan nilai tambah pada perekonomian,” kata Mahendra, Selasa (17/10). 

Baca juga: Tembus di Atas Rp 10.000 Triliun, Kapitalisasi Pasar Modal Indonesia Tertinggi di ASEAN

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi menyampaikan, salah satu semangat utama kepemimpinan Indonesia di ASEAN adalah mendorong ASEAN menjadi pusat pertumbuhan, Epicentrum of Growth.

Hal ini menggarisbawahi pentingnya posisi global ASEAN. “Menghadapi tantangan lingkungan dan sosial akibat perubahan iklim dan sejalan tujuan The Paris Agreement, sangat penting bagi kita, sebagai kekuatan kolektif, memainkan peran penting dalam agenda transisi global menuju perekonomian rendah karbon dan masa depan yang berkelanjutan,” kata Inarno.

Menutup ACMF International Conference 2023, Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto OJK, Hasan Fawzi menyampaikan, pasar modal berperan penting dalam mencapai tujuan iklim. Mengingat perlu sejumlah besar investasi dan pendanaan untuk mencapai target.

Melalui mobilisasi dan alokasi pembiayaan, pasar modal diharapkan dapat melengkapi pinjaman bank dan investasi publik. Dalam rangka mencapai hal ini di tingkat regional, upaya-upaya perlu diselaraskan.

“Pihak berwenang di masing-masing regional harus bekerja sama untuk merancang serta menerapkan kerangka peraturan bersama di luar batas negara. Diskusi ACMF merupakan bukti nyata upaya ini,” kata Hasan. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER