Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Hari Pangan Sedunia, Tokopedia Bagi Kisah Penjual Sayur dan Sambal Jaga Ketahanan Pangan Lokal

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Hari Pangan Sedunia, yang diperingati setiap 16 Oktober 2023, bertujuan meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat terkait pentingnya penanganan kebutuhan pangan secara berkelanjutan, termasuk di Indonesia.

Menyambut Hari Pangan Sedunia, Tokopedia berupaya memberi panggung para pelaku usaha lokal berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

“Salah satunya melalui inisiatif Hyperlocal yang berteknologi geo-tagging agar penjual makin dekat dengan pembeli,” ujar Category Development Senior Lead Tokopedia, Revie Jefta Akhwilla, Kamis (12/10).

Berkat Hyperlocal, masyarakat Indonesia makin mudah memperoleh berbagai produk kebutuhan harian pangan secara online. “Misalnya, Tokopedia mencatat lima produk yang paling laris pada subkategori produk bumbu dan bahan masakan di semester I 2023, yaitu minyak masakan, saus dan dressing (misalnya, saus tomat atau sambal, dressing untuk salad dan sebagainya), gula, kaldu dan penyedap rasa, serta bumbu masak instan,” ujar Revie.

Selain itu, Tokopedia mencatat beberapa wilayah di Indonesia mengalami kenaikan signifikan jumlah transaksi produk bumbu dan bahan masakan. “Antara lain Nagan Raya (Aceh), Halmahera Tengah (Maluku Utara), Kaur (Bengkulu), Rote Ndao (Nusa Tenggara Timur) dan Nias Barat (Sumatra Utara) dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat,” jelas Revie.

Baca juga: Kualitas Udara Tak Sehat, Tokopedia Bagi Cara Mengatasi Polusi Udara

Sementara pada subkategori produk daging, sejumlah produk terlaris pada semester I 2023 adalah daging sapi giling, daging ayam giling, baso, nuggets hingga sosis.

Tokopedia mencatat beberapa wilayah di Indonesia dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi pada produk daging selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022. Yaitu Karo (Sumatra Utara), Manado (Sulawesi Utara), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Ternate (Maluku Utara) dan Sumbawa Barat (Nusa Tenggara Barat), dengan rata-rata peningkatan lebih dari dua kali lipat.

Di sisi lain, produk paling banyak dibeli masyarakat di Tokopedia selama semester I 2023 pada subkategori produk sayur adalah paket sayur, sayuran beku, tomat, wortel, dan tempe.

“Wilayah Tabanan (Bali), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat), Manado (Sulawesi Utara), Sambas (Kalimantan Barat), dan Natuna (Kepulauan Riau) adalah beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan signifikan jumlah transaksi produk sayur selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 5 kali lipat,” tambah Revie. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER