Start Up Ramai-Ramai IPO, Ini Kata Modal Ventura

14

FinTechnesia.com | Perusahaan modal ventura, Jungle Ventures menyebutkan, proses initial public offering (IPO) dan merger merupakan tahapan wajar yang selanjutnya ditempuh oleh sebuah perusahaan rintisan (start up) yang sudah matang.

Managing Partners Jungle Ventures, David Gowdey mengatakan perkembangan ini sejalan dengan rencana startup unicorn yang siap melantai ke bursa saham dalam waktu 12 – 18 bulan ke depan. “Ada juga kemungkinan merger dua atau lebih raksasa internet yang kini menjadi motor perekonomian ekonomi startup di Asia Tenggara,” kata Gowdey, Rabu (3/3)?

Tahun 2021 menjadi tahun sangat menarik, karena banyaknya startup yang mulai mengeksplorasi jalur IPO tradisional maupun dengan special purpose acquisition companies (SPAC). SPAC memang merupakan salah satu jalur yang lebih cepat menuju pasar saham AS. Namun tetap saja startup harus memiliki skala yang cukup dalam hal valuasi dan kapitalisasi pasar untuk mendapatkan perhatian dari analis serta investor dari kalangan privat dan institusi. (eko)