Hotel Bujet Masih Menjadi Favorit Wisatawan Indonesia

Fintechnesia.com | Virus Covid-19 atau corona tak menghalangi sebagian orang berjalan-jalan. Hotel ramah anggaran menjadi akomodasi yang diminati wisatawan (traveller) di Indonesia selama 2019 lalu. Keterjangkauan biaya menjadi alasan utama (54%), menyusul lokasi yang strategis (41%), dan banyaknya program potongan harga/promosi (39%).

Airy, perusahaan Accommodation Network Operator, menyampaikan temuan tersebut melalui laporan terbarunya: “Airy Budget Travel Insight 2020” – yang mengungkap kebiasaan bepergian masyarakat Indonesia dan penggunaan akomodasi (hotel) bujet. Slow traveling diprediksi kian digemari pada 2020 ini. 

Berkolaborasi dengan YouGov Research, studi Airy ini juga mengungkap bahwa sebelum memilih hotel, traveller Indonesia memberi pertimbangan yang cukup besar pada standar kebersihan sebuah akomodasi (39%) serta nyaman tidaknya kamar yang tersedia (36%).

Ika Paramita, VP Marketing Airy mengatakan, aktivitas bepergian masyarakat Indonesia semakin tumbuh, yang berbanding lurus dengan kian meningkatnya kebutuhan akomodasi perjalanan. Keterjangkauan harga menjadi faktor kunci dalam menentukan properti inap, Airy melihat  traveller Indonesia tergolong bijak dalam berwisata. Dengan anggaran terbatas, mereka memberi porsi prioritas cukup besar pada lokasi, standar kebersihan dan kenyamanan kamar. “Airy optimistis, bisnis hospitality khususnya ranah hotel bujet di Indonesia masih sangat potensial. Airy siap menjawab kebutuhan segmen ini dengan menghadirkan lebih dari 2.000 properti dan 35.000 kamar yang tersebar di lebih dari 100 kota di Indonesia,” papar Ika.

Menguatkan studi ini, riset internal Airy juga mendapati bahwa market Indonesia bersedia mengeluarkan rata-rata biaya akomodasi sebesar Rp100.000 hingga Rp300.000 per malam. Airy menghadirkan lebih dari 2.000 properti dan 30.000 kamar yang tersebar di lebih dari 100 kota di Indonesia. Setiap kamar Airy menyediakan setidaknya tujuh fasilitas utama: air conditioner, televisi, tempat tidur yang bersih, air minum, makanan ringan, perlengkapan dasar mandi, dan air panas. (eko)