Selasa, 23 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kualitas Jaringan Teruji, Telkomsel Menyabet Penghargaan dari Opensignal

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Persaingan industri telekomunikasi semakin seru. Perlu inovasi agar mampu meraih hati pelaggan. Nah, Telkomsel memenangkan enam penghargaan termasuk penghargaan baru, yaitu 4G Coverage dan Voice App Experience dari Opensignal.

Telkomsel menyabet penghargaan dari Opensignal kategori Video Experience, Download Speed Experience, Upload Speed Experience, Latency Experience, serta dua kategori baru antara lain Voice App Experience dan 4G Coverage Experience.

Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh mengatakan, penghargaan ini menjadi dorongan yang kuat bagi Telkomsel  terus bergerak maju menguatkan ekosistem gaya hidup digital. “Terutama dengan bertranformasi menghadirkan layanan berbasis digital yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” ujar Rachel, dalam keterangan, Kamis (27/2).

Dalam laporan Opensignal: Mobile Network Experience  terjadi peningkatan skor dari masing-masing kategori award. Telkomsel meningkat 4,5 poin menjadi 58.8 poin dalam Video Experience.  Telkomsel berada pada kategori Good dalam menghadirkan pengalaman menonton video secara online dan satu-satunya operator seluler di Indonesia yang menembus kategori tersebut. Bagi Telkomsel kualitas layanan data yang andal untuk memberikan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan video diwujudkan dengan tersedianya layanan Video on Demand (VoD) MAXStream. Layanan ini memberikan tayangan edukatif, informatif, dan menghibur untuk seluruh segmen pelanggan.

Di kategori Download Speed Experince, Telkomsel mencatatkan kecepatan mengunduh sebesar 12Mbps secara keseluruhan. Meningkat sekitar 23% selama enam bulan terakhir

Pada kategori Upload Speed Experience, Telkomsel mencatatkan kecepatan mengunggah sebesar 5,4Mbps secara keseluruhan, meningkat 45%

Sedangkan untuk kategori Latency Experience, Telkomsel mencatatkan latensi 45,5ms. Pengukuran latensi yang mencakup berbagai aktivitas internet. Mulai dari berselancar internet hingga bermain game online. Semakin latensi rendah maka layanan digital berbasis broadband juga lebih responsif.

Pada kategori Voice App Experience, Telkomsel  mendapatkan skor 77,3 dari 100. Voice App Experience merupakan kategori baru yang mengukur pengalaman atas layanan suara over-the-top (OTT) seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger. Dengan pencapaian skor pada kategori ini, pengguna di jaringan Telkomsel tidak mengalami gangguan yang berarti. Untuk kategori 4G Coverage Experience, Telkomsel mendapatkan skor 7,9 dari 10.

Pencapaian Telkomsel tersebut juga tidak terlepas dari komitmen untuk menghadirkan jaringan berteknologi terdepan secara merata di seluruh Indonesia. Selama tahun 2020 ini, Telkomsel berencana untuk menambah pembangunan BTS Broadband 4G LTE sekitar 22.000 unit di seluruh Indonesia.

Direktur Network Telkomsel, FM Venusiana R menjelaskan, dalam mendukung transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital seutuhnya, Telkomsel perlu membangun ekosistem pendukung. “Penghargaan Opensignal mengingatkan kami  selama 25 tahun Telkomsel selalu hadir membangun Indonesia dalam setiap fase perkembangan teknogi dengan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan bangsa Indonesia,” terang Venus. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER