Sabtu, 1 Oktober 2022

Gunakan Massive MIMO 32TR32R, Jaringan Tri Indonesia Ngebut bin Lancar

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Mobile games lebih banyak penggemar lantaran bisa dimainkan kapanpun dan di manapun. Namun, ada syaratnya, yaitu koneksi internet mobile yang ngebut.

Sulit bermain secara kompetitif, jika pemain malah dibuat kesal dengan koneksi internet yang sering lag atau bahkan putus. Penggemar mobile game memerlukan jaringan dengan jeda waktu (latency) seminim mungkin.

Maka, operator jaringan internet menggelar teknologi jaringan baru dari waktu ke waktu. Kabar baik untuk para mobile gamers, salah satu teknologi paling mutakhir yang sudah digelar adalah Massive MIMO (Massive Multiple-Input Multiple-Output).

Teknologi Massive MIMO ini menggunakan lebih banyak antena, baik pada pemancar maupun penerima. Sebagai perbandingan, teknologi Single Output Single Input (SISO) hanya menggunakan satu antena, MIMO menggunakan dua atau empat antena. Sedangkan Massive MIMO menggunakan mulai dari 16 antena atau lebih.

Penambahan ini melipatgandakan kapasitas antena dalam menangani lalu lintas data. Sehingga menghasilkan koneksi internet yang jauh lebih baik dan cepat.

Salah satu inovasi generasi terbaru dari teknologi MIMO adalah Massive MIMO 32T32R. Sesuai namanya, Massive MIMO 32T32R menggunakan 32 elemen antena pemancar dan 32 elemen antena penerima pada satu base transceiver station (BTS). Dengan 64 elemen antena pemancar dan penerima, kecepatan unduh, unggah, dan latency koneksi internet mendapatkan penyempurnaan yang signifikan.

Jeda waktu yang semakin kecil ini tentunya membuat para mobile gamers bisa lebih responsif dan kompetitif ketika bermain. Salah satu operator telekomunikasi di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi Massive MIMO 32T32R adalah 3 Indonesia. “Menurut pengujian internal kami, teknologi Massive MIMO 32T32R meningkatkan kualitas jaringan kami hingga lebih cepat 8 kali, begitu juga untuk gaming experience, dengan latency 50% lebih cepat meski dalam jam sibuk,” kata Chief Technical Officer 3 Indonesia Desmond Cheung, Rabu (11/3).

Peningkatan ini digemari oleh pemain mobile games karena membantu mereka bermain dengan lebih kompetitif. Namun, tentu peningkatan jaringan secara signifikan seperti ini akan bermanfaat pula bagi kegiatan lain. Seperti video call, streaming video, dan masih banyak lagi.(yof)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER