Kamis, 18 Agustus 2022 | 17:14 WIB

Menggandeng AFIN, AFTECH Memperdalam Inklusi Keuangan

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH) meneken nota kesepahaman (MoU) dengan the ASEAN Financial Innovation Network (AFIN). Keduanya membangun kemitraan strategis jangka panjang dalam rangka peningkatan kerja sama di industri fintech. Berkantor pusat di Singapura, AFIN merupakan organisasi nirlaba pada tahun 2018. Pendirinya ASEAN Bankers Association (ABA), International Finance Corporation (IFC), lembaga keuangan internasional Kelompok Bank Dunia, dan Monetary Authority of Singapore (MAS). Adapun AMTD Foundation dan Mastercard adalah anggota perusahaan pendiri AFIN.

Kerjasama ini menempatkan AFTECH dan AFIN di jalur baru. Kedua entitas mentransformasi sektor perbankan dan keuangan secara digital di ASEAN dan mendorong inklusi keuangan. COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek berkegiatan masyarakat dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Industri fintech di Indonesia mengalami perubahan dalam produktivitas dan efisiensi kerja karena program Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). MoU ini juga menjadi dasar AFTECH dan AFIN dalam berkolaborasi meningkatkan kesadaran industri fintech akan Dana Solidaritas AMTD ASEAN. Tujuannya agar pemulihan industri fintech berjalan beriringan dengan penanganan COVID-19.

AMTD bermitra dengan AFIN mengumpulkan dana solidaritas S$ 50 juta. Dana itu untuk mendukung perusahaan fintech yang memenuhi syarat dan terdaftar di Platform API Exchange (APIX) di ASEAN selama masa pandemi ini. “Nota kesepahaman ini akan membuka jalan baru bagi AFIN menawarkan dukungan keuangan di bawah pengawasan Komite Penasihat Investasi Strategis AFIN yang terdiri dari perwakilan Dewan Direksi,” kata Managing Director AFIN Manish Diwaan, Kamis (14/5).

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER