Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel dan Indihome Menjadi Kontributor Utama, Laba Bersih Telkom Naik 3,5% Menjadi Rp 18,66 Triliun.

BACA JUGA


Fokus pada lini bisnis profitabilitas lebih tinggi


Di segmen consumer, IndiHome mencatat kenaikan pendapatan hingga 28,1% menjadi Rp 18,3 triliun. Jumlah pelanggan IndiHome tumbuh 37,2% dibanding akhir 2018 menjadi 7 juta. Profitabilitas IndiHome juga semakin baik dengan EBITDA margin mencapai 33,9%, mendekati standar profitabilitas global.

Pada segmen enterprise, di tahun 2019, TLKM fokus pada lini bisnis yang memiliki profitabilitas lebih tinggi yang bersifat recurring. Terutama pada layanan enterprise solutions seperti enterprise connectivity, data center dan cloud. Mengurangi dan tidak memprioritaskan solusi bisnis yang memiliki tingkat margin relatif rendah dan non-recurring. Sepanjang tahun 2019 segmen enterprise mencetak pendapatan sebesar Rp 18,7 triliun dan memberikan kontribusi sebesar 14% terhadap pendapatan konsolidasian.

Segmen Wholesale and International Business pada tahun 2019, Telkom memberikan layanan kepada operator telekomunikasi, internet service provider dan digital player baik domestik maupun global. Perseroan mencatat pendapatan segmen ini sebesar Rp 10,61 triliun atau tumbuh 5,2% dari tahun sebelumnya. Berkontribusi sebesar 8% terhadap pendapatan konsolidasian.

Total belanja modal Telkom pada tahun 2019 tercatat Rp 36,59 triliun atau 27,0% dari total pendapatan. Belanja modal tersebut terutama untuk meningkatkan kapabilitas digital. Dengan membangun infrastruktur broadband yang meliputi BTS 4G LTE, jaringan akses serat optik ke rumah, jaringan backbone serat optik bawah laut dan terestrial, serta sebagian juga untuk keperluan bisnis menara.

“Pencapaian sepanjang 2019 menunjukkan Telkom berada pada jalur yang tepat untuk menjadi Digital Telecommunication Company. Dan berkomitmen tinggi dengan memperkuat kapabilitas bisnis digital untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan pengalaman digital yang terbaik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia,” ungkap Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, Selasa (27/5).


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER