Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:07 WIB

Saat Idul Fitri, Lalu Lintas Data 3 Indonesia Melesat 57%, Begini Rinciannya

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Lebaran digital membutuhkan dukungan operator. Maka, lalu lintas data 3 Indonesia meningkat hingga 57% dibandingkan hari H Idul Fitri tahun lalu. Peningkatan ini didominasi oleh penggunaan layanan aplikasi pesan dan telekonferensi seperti WhatsApp, Zoom dan Google Duo.

Sebagai contoh, penggunaan Zoom meningkat hingga 87% saat Idul Fitri dibandingkan satu hari sebelumnya. Lalu lintas data penggunaan sosial media Instagram dan TikTok juga melonjak pada hari pertama Idul Fitri.

Jika dibandingkan hari normal sebelum pembatasan sosial, kenaikan trafik data pada Idul Fitri sebesar 19%. Dan jika dibandingkan hari normal sejak pembatasan sosial, kenaikan trafik pada hari Idul Fitri sebesar 8%. Layanan SMS melorot 20% dan voice anjlok 40% dibandingkan Idul Fitri tahun lalu. Pelanggan sudah banyak beralih menggunakan layanan aplikasi video atau telekonferensi.

Memang berbeda dari tahun sebelumnya, pandemi corona menjadikan silaturahmi lebih terbatas. Banyak pengguna merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara.

Komunikasi terjalin secara virtual, mengandalkan aplikasi pesan serta layanan panggilan video/telekonferensi. “Optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan 4.5G Pro yang kami lakukan berhasil mengantisipasi kenaikan lalu lintas data dengan baik dan menjaga koneksi pelanggan 3 selama Hari Raya Idul Fitri,” terang Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Buldansyah, Kamis (28/5).

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER