Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Peluang Besar Investasi dan Pembiayaan Ramah Lingkungan di Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Hampir dua tahun lalu, awal Juli 2018, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan (green bond). SMI menjadi emiten pertama di Indonesia yang menerbitkan green bond. Rencananya, total nilai obligasi ramah lingkungan SMI sebesar Rp 3 triliun.

SMI mengalokasikan dana hasil penerbitan Green Bond Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur ini untuk membiayai proyek infrastruktur ramah lingkungan. Di antaranya energi terbarukan, transportasi ramah lingkungan dan pengelolaan air bersih. SMI mendapatkan bantuan arahan dari World Bank Group dalam penyusunan kerangka kerja obligasi ramah lingkungan ini.

Ada enam proyek ramah lingkungan yang akan dibiayai lewat penerbitan obligasi ini. Tiga proyek berhubungan dengan pembiayaan light rail transit (LRT). Yaitu LRT Palembang, LRT wilayah Jabodetabek dan pembiayaan ke PT Inka dalam rangka pembuatan rolling stock gerbong LRT. Tiga proyek lagi pembangkit listrik minihidro di Sulawesi Utara dan Sumatera Barat, serta proyek pengolahan air bersih di Cilegon, Banten.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER