Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BNI Dukung Kemudahan Bisnis 400 Investor Jepang di Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BNI melalui International Desk memberikan layanan yang menyeluruh untuk memudahkan para investor saat berbisnis.

Direktur Tresuri dan Internasional BNI Putrama Wahyu Setiawan menjelaskan, saat ini, di Indonesia terdapat lebih dari 1.500 perusahaan yang merupakan bagian dari investasi Jepang b3rbentuk joint venture atau anak perusahaan. Sebagian besar nasabah Bank Pembangunan Daerah di Jepang (Japan Regional Banks/JRB) yang berinvestasi di Indonesia.

Sebagian besar perusahaan berbasis teknologi. JRB tidak memiliki kantor cabang di Indonesia. BNI memanfaatkan kondisi tersebut dengan memberikan pelayanan perbankan lengkap bagi JRB beserta nasabah JRB di Indonesia.

Salah satu terobosan BNI menyediakan fasilitas kredit dalam denominasi yen atau rupiah untuk perusahaan -perusahaan Japanese – Indonesian related yang berorientasi ekspor. Fasilitas ini melalui skema penjaminan dari bank-bank JRB (back to back loan). Hal ini bisa dilakukan karena BNI memiliki kantor cabang luar negeri (KCLN) di Tokyo yang memiliki perjanjian kerjasama dengan bank-bank regional di Jepang.

“Pinjaman dalam yen atau rupiah ini dimungkinkan dengan adanya dukungan pendanaan dari 54 JRB melalui BNI Tokyo. Sehingga pinjaman yang diberikan memiliki bunga L kompetitif,” ungkap Putrama, Rabu (15/7)

Kerjasama dengan JRB ini telah membuahkan hasil. BNI mampu menghimpun dana sekitar Rp 6,5 triliun, plus mendapatkan perluasan basis nasabah 400 perusahaan Jepang menjadi nasabah BNI.

Sepanjang Semester I-2020, kinerja unit International Desk sendiri cukup menggembirakan. Wksposur pinjaman tumbuh 44,4% secara tahunan (yoy), serta dana pihak ketiga (DPK) tumbuh sebesar 18,4% yoy. Ke depan, BNI merencanakan untuk menyediakan serta mengembangkan layanan yang sama untuk investor-investor yang berasal dari Korea dan China. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER