Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Awas, Serangan Siber Juga Menargetkan Server Berbasis Linux

BACA JUGA




Contoh lain adalah Lazarus, grup APT berbahasa Korea.Mereka terus mendiversifikasi perangkatnya dan mengembangkan malware non-Windows. Kaspersky baru-baru ini melaporkan kerangka kerja multi-platform yang disebut MATA dan pada Juni 2020.

Peneliti menganalisis sampel baru yang berhubungan dengan kampanye Lazarus ‘Operation AppleJeus’ dan ‘TangoDaiwbo’, yang digunakan dalam serangan finansial dan spionase. Salah satu sampel yang dipelajari termasuk malware Linux.

“Kami menyarankan para pakar keamanan siber mewaspadai dan memantau tren ini, serta menerapkan tindakan tambahan demi melindungi server dan workstation mereka,” imbuh Yury Namestnikov, Head of Kaspersky’s Global Research and Analysis Team (GReAT) Kaspersky di Rusia, pekan lalu.

Agar menghindari menjadi korban serangan yang menargetkan Linux, berikut saran peneliti Kaspersky.
– Mengelola daftar sumber perangkat lunak tepercaya dengan baik. Hindari menggunakan saluran pembaruan yang tidak terenkripsi.

– Jangan menjalankan binari dan skrip dari sumber yang tidak tepercaya. Cara yang diiklankan secara luas untuk menginstal program dengan perintah seperti “curl https://install-url | sudo bash” merupakan mimpi buruk yang tidak ingin Anda hadapi.


– Pastikan prosedur pembaruan Anda efektif dan atur untuk pembaruan keamanan otomatis


– Meluangkan waktu menyiapkan firewall dengan tepat. Pastikan firewall mencatat aktivitas jaringan, memblokir semua port yang tidak Anda gunakan, dan meminimalkan jejak jaringan.


– Gunakan otentikasi SSH berbasis kunci dan lindungi kunci dengan sandi. Serta gunakan 2FA (otentikasi dua faktor) dan simpan kunci sensitif pada perangkat token eksternal (mis. Yubikey)

– Rutin melakukan audit sistem dan periksa log untuk indikator serangan. Serta jalankan uji penetrasi pada konfigurasi Linux Anda

– Gunakan solusi keamanan khusus dengan perlindungan Linux seperti Integrated Endpoint Security. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER