Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Mikro ke Pesantren

BACA JUGA




BNI Syariah menjalin sinergi untuk pengembangan ekonomi pesantren dengan Serikat Ekonomi Pesantren (SEP) atau Yayasan Simpul Energi Pesantren. Nota kesepahaman (MoU) terkait pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan syariah dan pemberian pembiayaan warung mikro di lingkungan SEP.

MoU tersebut dilengkapi dengan perjanjian kerjasama (PKS) terkait penyediaan fasilitas pembiayaan modal kerja usaha mikro atau kredit usaha rakyat (KUR) serta pembiayaan kecil lainnya. Dalam PKS ini juga diatur mengenai surat rekomendasi anggota Serikat Ekonomi Pesantren (SEP) yang layak diberikan fasilitas pembiayaan oleh BNI Syariah.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan, BNI Syariah Iwan Abdi mengatakan, BNI Syariah berkomitmen berkontribusi dalam pengembangan ekosistem halal. Di antaranya melalui pemberdayaan ekonomi pesantren.

ā€œMerupakan suatu kehormatan bisa bekerja sama dengan Serikat Ekonomi Pesantren / Yayasan Simpul Energi Pesantren yang memiliki 1.074 anggota pesantren,ā€ kata Iwan Abdi, Senin (5/10). Melalui penandatangan akad ini BNI Syariah akan menyalurkan pembiayaan sebesar Rp180 juta kepada 5 nasabah mikro.

Ketua Pengurus Serikat Ekonomi Pesantren (Yayasan Simpul Energi Pesantren), Ahmad Tazakka Bonanza menjelaskan Serikat Ekonomi Pesantren merupakan serikat yang dibentuk dalam rangka meningkatkan perekonomian, kesejahteraan, dan kemandirian pesantren. ā€œHal ini sepatutnya didukung oleh lembaga keuangan syariah, termasuk BNI Syariah,ā€ kata Ahmad Tazakka.

Hingga Juli tahun 2020, 1.020 pondok pesantren yang telah bekerjasama dengan BNI Syariah tersebar di 24 provinsi diseluruh Indonesia.

Dari jumlah tersebut sebanyak 747 pondok pesantren telah mendapatkan fasilitas produk BNI Syariah. Kerjasama BNI Syariah dengan Pondok Pesantren menghasilkan portofolio dana kelolaan sebesar Rp174 miliar. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER