Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Berusia 20 Tahun, Teknologi Robot ASIMO Terus Dikembangkan untuk Produk Massal Honda

BACA JUGA




Pada tahun 2002, ASIMO dapat mengenai gestur manusia d isekitarnya dan memberikan respons secara mandiri. Oleh karena itu, ASIMO mampu melakukan beberapa gerakan seperti menyapa, mengikuti seseorang, berjalan ke arah yang ditunjuk. Serta mengenali nama dan wajah manusia di sekitarnya.

Memasuki tahun 2005, ASIMO sudah dapat berlari hingga 6 km/jam. Selain itu, memiliki kemampuan untuk melakukan dua tugas secara bersamaan. Seperti berpegangan tangan saat berjalan, atau berjalan sambil membawa nampan berisi minuman.

Sedangkan di tahun 2007, ASIMO tidak hanya dapat berinteraksi dengan manusia tetapi juga sudah dapat berinteraksi dan bekerjasama dengan robot ASIMO lain. Dengan mempertimbangkan jarak antar robot dan kapasitas baterai yang tersisa, ASIMO sudah dapat berpikir untuk membagi tugas dengan rekan robot lain secara efisien. ASIMO juga dapat mengisi daya listrik ke dirinya sendiri, saat mendeteksi kapasitas baterai tinggal sedikit.

Hingga akhirnya di tahun 2011, kecerdasan ASIMO semakin meningkat. ASIMO dapat berpikir dan bergerak secara mandiri tanpa dioperasikan oleh manusia. Dengan sensor audio visual yang semakin canggih, robot ASIMO dapat mengenali suara beberapa orang secara bersamaan saat mengobrol dalam sebuah grup.

ASIMO juga dapat mendeteksi pergerakan orang-orang saat sedang berjalan. Kemudian secara otomatis berjalan ke arah berbeda untuk menghindari tabrakan.

ASIMO sudah dapat melakukan gerakan meloncat, melangkah mundur, atau berjalan di atas permukaan yang tidak rata. Serta melakukan tugas-tugas sederhana. Seperti menuangkan minuman, mendorong trolley atau menyambut dan menemani tamu ke ruangan yang dituju.

Pada tahun 2018, Honda menghentikan pengembangan ASIMO untuk fokus terhadap teknologi robotik selanjutnya. Meskipun demikian, berbagai teknologi dari ASIMO akan terus diterapkan dalam pengembangan fitur-fitur canggih dalam produk massal Honda di masa depan. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER