Grab Resmikan Tech Center di Indonesia, Pusat Inovasi Kawasan Asia Tenggara

FinTechnesia.com | Grab meresmikan Tech Center di Indonesia yang juga akan menjadi pusat inovasi kawasan Asia Tenggara. Tech Center ini mengembangkan berbagai solusi teknologi untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Asia Tenggara.

Berlokasi di Gama Tower Jakarta dan menempati 9 lantai dengan luas wilayah lebih dari 12.000 meter persegi, Grab Tech Center merupakan kelanjutan dari komitmen jangka panjang Grab di Indonesia. Rumah bagi salah satu Dual Headquarter Grab. 

Tech Center fokus untuk meriset, merancang, dan menguji coba berbagai perangkat dan teknologi yang ditujukan bagi para UMKM di Indonesia. Indonesia menjadi rumah bagi lebih dari 64 juta UMKM.

Baru 16% terdigitalisasi. Inilah alasan Indonesia menjadi pasar ideal bagi Grab menguji coba beragam solusi teknologi

Salah satu contoh solusi UMKM yang diciptakan di Indonesia adalah fitur aplikasi GrabMerchant yaitu Self-Onboarding atau Pendaftaran Mandiri.. Memungkinkan pengusaha makanan untuk mendaftarkan diri dan menjalankan bisnisnya di Grab hanya dalam waktu 24 jam.

Antara bulan Mei dan September, lebih dari 70.000 merchant di Indonesia telah bergabung dengan Grab melalui fitur Pendaftaran Mandiri ini. Grab berencana untuk meluncurkan fitur ini di pasar-pasar lain di kawasan Asia Tenggara. 

Ridzki Kramadibrata, Presiden Grab Indonesia mengatakan, Grab Tech Center untuk meningkatkan kapabilitas teknologi di Indonesia, membangun berbagai solusi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. “Kami juga ingin berkontribusi dalam mengembangkan potensi teknologi Indonesia, dan berharap dapat memboyong teknologi ‘Buatan Indonesia’ ke seluruh Asia Tenggara,” terang Ridzki, Selasa (10/11).

Grab Tech Center menaungi tim yang fokus pada penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) GrabKios, Merchant, dan GrabFood, dengan serangkaian divisi lengkap yang diperlukan untuk pengembangan produk yang menyeluruh. (yof)