Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kenali Ini Lima Fitur Keamanan Telegram

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telegram pertama kali dirilis pada tahun 2013. Saat ini sudah tersedia di berbagai platform, termasuk iOS, Android, dan juga desktop.

Aplikasi layanan pengiriman pesan instan ini memiliki beberapa kelebihan. Mengutip rilis Jumat (16/7) sifatnya yang gratis dan bebas dari iklan. Dan dapat menampung lebih banyak anggota grup (200.000 anggota), memiliki fitur Channel, dan masih banyak lagi.

Telegram juga punya berbagai fitur keamanan. Simak lima fitur keamanan Telegram.

  • Kunci pesan dengan fitur Lock Chat.

Caranya, klik tombol Setting – Privacy and Security – Passcode and Touch ID – Pasang PIN atau Touch ID. Atau bisa klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegram untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

  • Kirim pesan rahasia dengan fitur Secret Chat

Fitur secret chat bersifat end to end encrypted. Sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat pesan. Klik kontak orang yang ingin dikirim pesan. Klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon more.

  • Akses masuk yang super aman dengan fitur Two-Step Verification

Fitur ini mengharuskan pengguna memasukkan password setiap kali masuk ke akun Telegram. Password ini dibutuhkan sebagai pelengkap dari OTP (one-time password).

  • Mendukung server proxy

Fitur ini memungkinkan pengguna menyembunyikan IP address dengan cara mengkoneksikan akunnya ke sebuah server proxy khusus. Pada dasarnya, cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection. Untuk mengaktifkan fitur ini, bisa menuju Settings – Data and Storage – Proxy Settings.

  • Salkir? Jangan panik. Silakan menghapus pesan yang sudah terkirim.

Berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya, menghapus pesan yang sudah terkirim ink kapan pun dan tanpa ada batas waktu.

Telegram selalu mengutamakan keamanan para penggunanya. Sebagaimana dikutip dari Pavel Durov, Founder dari Telegram, dalam blognya, “We believe being open source and having crypto contests helps us provide a better service. That’s why we reward people when they share ideas that allow us to make Telegram more secure.” Telegram selalu terbuka terhadap hal-hal yang mendukung keamanan aplikasinya menjadi lebih baik lagi. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER