Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kejahatan Cyber Mengintai, Begini Tips Aman Menggunakan Wifi Publik

BACA JUGA




3. Nonaktifkan koneksi otomatis ke wifi

Perangkat modern berusaha menyederhanakan hidup dengan menawarkan fitur terhubung ke jaringan terbuka atau publik secara otomatis; pada banyak sistem. Opsi ini diaktifkan secara default.

Sayang, dengan menghubungkan perangkat secara otomatis sebelum pengguna sah memiliki kesempatan berhati-hati. membuka kesempatan pelaku kejahatan siber menyebarkan malware atau melakukan pencurian kata sandi.

Untuk menghindari insiden seperti itu, makan selalu mematikan wifi saat Anda tidak menggunakannya. Ini juga menghemat masa pakai baterai.

Nonaktifkan koneksi otomatis ke jaringancari opsi di pengaturan wifi Anda. “Lupakan” jaringan Wi-Fi publik setelah Anda selesai menggunakan.

4. Hindari wifi yang tidak tepercaya untuk layanan yang memerlukan otentikasi

Usahakan selalu menggunakan jaringan rumah atau perusahaan yang aman ketika akan memasukkan akun bank, paspor, atau detail sensitif lain.

Jika keadaan mengharuskan Anda segera memeriksa saldo, gunakan data seluler. Bahkan jika Anda berada di luar negeri dan biaya roaming tinggi, kehilangan informasi melalui titik akses berbahaya akan jauh lebih merugikan.

5. Pasang solusi keamanan untuk melindungi saluran komunikasi

Cara paling pasti menjaga perangkat Anda tetap aman saat menggunakan wifi publik adalah melengkapinya dengan perlindungan yang andal. Aplikasi jaringan pribadi virtual (VPN) melindungi privasi Anda dengan mengenkripsi data sebelum mengirimnya ke router, menjaganya tetap tersembunyi. Dengan memasang teknologi ini, bahkan wifi publikpun aman.

Saat memilih solusi koneksi aman, pastikan Anda memercayai vendor pengembang. Pilih perusahaan terkemuka yang tidak akan menyimpan dan menjual data Anda. Misalnya, Kaspersky VPN Secure Connection menggunakan protokol OpenVPN yang andal dan aman serta tidak mencatat lalu lintas para pengguna.

Anda dapat mengaktifkan koneksi aman secara manual sebelum membuka aplikasi penting. Tapi sebaiknya jangan mengandalkan memori.

Konfigurasikan aplikasi VPN Anda untuk mengaktifkan koneksi aman secara otomatis setiap kali Anda terhubung ke Wi-Fi publik.

Jika Anda menggunakan Kaspersky VPN Secure Connection, tidak perlu khawatir tentang kecepatan. Bandwidth cukup bahkan untuk melakukan streaming video. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER