Siap-Siap, Medan Bakal Menikmati Teknologi 5G XL Axiata

FinTechnesia.com | Setelah hadir di beberapa kota di Jawa, XL Axiata kini menggelar pengenalan ketersediaan jaringan 5G di Medan. Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyatakan, demo itu dalam rangka sosialisasi jaringan dan layanan 5G ke masyarakat Medan bahkan Sumatera Utara.

Langkah tersebut sekaligus sebagai salah satu tahapan dari persiapan XL Axiata menggelar layanan 5G secara komersial dan masif. 

Setelah Medan, Banjarmasin dan Makassar, XL Axiata akan terus memperluas sosialisasi ke kota-kota lain secara bertahap. “Sehingga layanan 5G XL Axiata bisa dinikmati di lebih banyak lokasi di Indonesia,” ujar Gede, Rabu (8/9). 

Selain Medan, Banjarmasin and Makassar, sejak 18 Agustus 2021, demo 5G XL Axiata tersedia di Jakarta, Depok, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Layanan 5G XL Axiata telah tersedia pada lokasi XL Center di kota-kota ini.

Baca juga: Kembangkan IoT 5G, XL Axiata Jalin Kemitraan dengan IPB dan Polman Astra

XL Axiata akan mempercepat penyiapan ekosistem yang diperlukan. Termasuk jaringan fiber dan modernisasi jaringan. Ini berkolaborasi dengan penyedia perangkat dalam penyediaan perangkat smartphone 5G agar mudah didapatkan pelanggan dan masyarakat, penyediaan dari sisi sumber daya manusia, hingga edukasi untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat teknologi 5G guna mendukung kehidupan sehari-hari.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan. Ditopang lebih dari 156.000 BTS. Termasuk lebih dari 65.000 BTS 4G. 

Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. XL Axiata akan terus melakukan peningkatan dan pengembangan jaringan guna meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (sya)