Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dukung UMKM Naik Kelas dengan QRIS, Ini Langkah BI, BNI dan BukuWarung

BACA JUGA




Hal tersebut menandakan makin luasnya ekosistem QRIS yang didukung oleh 66 penyelenggara baik bank maupun nonbank. “Dengan kemudahan interkoneksi tersebut, saat ini diperkirakan lebih dari 80 juta masyarakat Indonesia sudah dapat melakukan pembayaran melalui QRIS,” tambah Fitria. 

Inovasi teknologi dapat membuat layanan keuangan menjadi mudah, aman dan nyaman bagi nasabah. Digitalisasi membuka lebar pintu peluang inklusi ekonomi dan keuangan bagi seluruh masyarakat, khususnya UMKM. 

BNI turut mengembangkan layanan keuangan berbasis digital yang dapat memberikan solusi bertransaksi. Salah satunya pembayaran berbasis QRIS. 

Penggunaan QRIS juga diharapkan dapat mendorong inklusi keuangan dan membentuk profil kredit UMKM. “Selanjutnya dapat digunakan untuk memperoleh pembiayaan pengembangan usaha, seperti KUR dan produk perbankan lainnya,” jelas Senior Executive Vice President Bisnis Digital Bank BNI, Rian Kaslan.

Sebagai perusahaan teknologi yang memiliki concern tinggi terhadap UMKM di Indonesia, BukuWarung berupaya menghadirkan solusi berupa ekosistem digital. Membantu para pelaku UMKM dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara efisien. 

Layanan BukuWarung mencakup pencatatan keuangan digital, pembuatan etalase online, penjualan produk digital. Mulai pulsa ponsel, token listrik hingga top-up uang elektronik hingga transaksi pembayaran dan pembiayaan. 

Jumlah pengguna BukuWarung sudah mencapai 6,5 juta pelaku UMKM yang tersebar di 700 kota/kabupaten. Adi Harlim, Direktur Sales and Merchant Experience BukuWarung menyampaikan, bagi pengguna BukuWarung, adopsi QRIS ini memudahkan konsumen untuk fleksibel memilih opsi pembayaran ketika bertransaksi. 

“Artinya, potensi pemasukan merchant BukuWarung juga semakin bertumbuh sehingga diharapkan kesejahteraan finansial para UMKM pun segera tercapai,” kata Adi. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER