Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BNI Mendorong Ekspor Ikan Laut Indonesia Melalui XPora

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BNI mendorong program usaha kecil dan Mmenengah (UKM) berbasis ekspor melalui BNI Xpora. Tebaru, BNI menggandeng startup yang fokus pada ekspor, yaitu FishOn dan MadeinIndonesia.com. 

Kolaborasi BNI dengan FishOn sukses mengekspor produk perikanan dari Sikka, Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT). Adapun dengan MadeinIndonesia.com berhasil mengekspor produk sejenis dari Surabaya. Keduanya dilaksanakan dari dua lokasi berbeda pada Sabtu, 30 Oktober 2021. 

Dari Sikka, nelayan mampu mengekspor Tuna Saku Sashimi dan Katsuobushi Skipjack. Dengan total setiap bulannya diekspor ke Jepang dan Malaysia sebanyak 60 ton. Itu adalah ekspor perdana dari Maumere. Dan menjadi bagian dari rangkaian ekspor yang didukung BNI Xpora dalam beberapa waktu terakhir ini. Sebelumnya, ekspor juga sukses dilaksanakan dari Medan pada Kamis (21/10). 

Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman menyatakan, pemerintah mendorong peningkatan ekspor karena bukan pekerjaan mudah. Kita harapkan, ekspor di sektor perikanan ini memberikan sumbangan terbanyak. FishOn ini bisa menjadi model karena menghubungkan dari hulu hingga hilir. Ini pengembangan yang positif dan perlu kita dukung bersama,” ujar Hanung, Ahad (31/10).

Sementara itu, BNI akan terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung UKM bertahan dari pandemi. Lalu mampu naik kelas, hingga berkesempatan menembus pasar ekspor. “Kerja sama BNI dengan FishOn diharapkan dapat terus terjalin secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Seiring dengan misi kami untuk mendorong pelaku UKM nasional menembus pasar ekspor,” urai Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal. 

Dalam kolaborasi ini, BNI memberikan solusi pembiayaan produktif untuk permodalan nelayan, termasuk dalam bentuk kredit usaha rakyat (KUR). Pembiayaan yang sama juga bisa diberikan bagi nelayan sebagai modal perdagangan ikan dengan menjadi Sahabat Gemarikan. fishOn, sudah  terimplementasi di daerah pesisir Ciwaru – Sukabumi, Prigi – trenggalek dan terbaru ini di Sikka – Maumere. 


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER