Jumat, 1 Juli 2022 | 21:11 WIB

Kekerasan Online Mendekati Satu Juta Kasus Setiap Tahun

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Stalkerware mempengaruhi lebih dari 32.000 pengguna seluler Kaspersky secara global tahun lalu. Bersama dengan teknologi lain, teknologi yang memungkinkan seseorang untuk memata-matai kehidupan pribadi orang lain menggunakan perangkat pintar sering digunakan dalam hubungan yang kasar.

Penelitian telah mengidentifikasi keterkaitan langsung antara kekerasan online dan offline. Sehingga menjadikan isu ini semakin penting untuk ditangani secara komprehensif.

Menurut perkiraan kasar Coalition Against Stalkerware, penggunaan stalkerware bisa mendekati satu juta kasus secara global, setiap tahun.

Setidaknya 24% orang yang disurvei mengonfirmasi telah mengalami penguntitan menggunakan teknologi. Dan 25% dikonfirmasi pernah mengalami kekerasan atau pelecehan dari pasangan.

Berta Vall Castelló dan Anna McKenzie dari WWP EN menytakan, kekerasan dalam rumah tangga telah meningkat secara signifikan selama pandemi, terutama selama masa penguncian.

Ada tingkat pertumbuhan perangkat pintar, termasuk asisten rumah tangga, peralatan yang terhubung. Dan sistem keamanan yang terhubung ke jaringan WiFi dan ponsel cerdas– yang digunakan dalam kekerasan pasangan intim.

“Sementara stalkerware adalah masalah umum, di luar sana masih ada banyak alat lain yang tersedia untuk penyalahgunaan teknologi,” ujar Toby Shulruff dari proyek Safety Net NNEDV, dalam rilis yang diterima FinTechnesia, belum lama ini.

Stalkerware terus memengaruhi korban di seluruh penjuru dunia. Kaspersky telah mengidentifikasi pengguna yang terpengaruh di lebih dari 185 negara dan wilayah. Dengan Rusia, Brasil, Amerika Serikat, dan India kembali menjadi empat negara teratas dengan jumlah pengguna unik terbesar yang teridentifikasi.

Jerman adalah satu-satunya negara Eropa dalam 10 negara yang terkena dampak paling besar.

Kaspersky juga telah mengembangkan TinyCheck. Ini adalah alat open-source gratis yang bertujuan untuk memfasilitasi pendeteksian stalkerware dengan cara yang sederhana, cepat, dan non-invasif pada perangkat korban. (nin)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER