Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Marak Tawaran Upgrade Nasabah ke Solitaire dan Prioritas, Ini Kata BCA dan Tips Menghindarinya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Belakangan ini, marak penipuan melalui telepon atau WhatsApp yang mengatasnamakan Bank Central Asia (BCA). Dan iklan Akun BCA Palsu di media sosial khususnya di Instagram.

Menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas. Selain itu, terdapat penipuan yang menawarkan apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip dengan tujuan penipuan pada aplikasi BCA mobile atau kartu kredit. 

Adapun modus-modus yang biasa terjadi adalah mendapat telepon atau WhatsApp dari nomor yang mengatasnamakan BCA. Lalu menawarkan untuk upgrade ke BCA Solitaire dan Prioritas, apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip.

Ketika sedang membuka Instagram, nasabah mendapat iklan di Instagram palsu yang seolah-olah dari akun resmi BCA dan menawarkan untuk upgrade ke BCA Solitaire dan Prioritas, apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip

‘’Kami mencermati bahwa belakangan ini cybercrime sering terdengar seiring semakin pesatnya perkembangan digital. Salah satu jenis cybercrime yang kerap terjadi adalah penipuan online seperti dengan munculnya iklan di media sosial dan meminta data pribadi Anda seperti nomor kartu kredit, PIN, OTP, dll. Hal ini patut diwaspadai oleh nasabah karena Bank tidak pernah meminta data pribadi Anda. Jangan pernah memberikan data pribadi Anda kepada siapapun,’’ urai Haryanto T. Budiman, Direktur BCA, Kamis (9/6).

Berikut tips-tips jika nasabah menemukan modus penipuan.

  1. – Nomor telepon Halo BCA adalah 1500888 tanpa awalan 021, +62 dan sebagainya. Nomor resmi WhatsApp bank BCA itu adalah 08111500998 dengan centang hijau. Selain itu, nasabah harus waspada itu penipuan.
  2. – Akun resmi Instagram BCA hanya @GoodlifeBCA. Cek semua akun resmi media sosial BCA pada https://www.bca.co.id/en/tentang-bca/media-riset/Social-Media 
  3. – Website resmi BCA adalah www.bca.co.id. Dan website BCA Solitaire dan Prioritas adalah https://prioritas.bca.co.id/ serta aplikasi BYC Apps. Jika ada selain ini, sudah pasti itu palsu.
  4. Keanggotaan BCA Solitaire dan Prioritas hanya bisa didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari pihak BCA secara langsung melalui surat resmi kepada nasabah. Jadi, jika ada pihak lain yang menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas melalui media sosial (Instagram, Facebook, atau Whatsapp), sudah pasti itu penipuan.
  5. – Awas link palsu! Jangan di klik, apalagi mengisi data-data pribadi Anda. BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun termasuk link. (ari)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER