Sabtu, 13 Agustus 2022 | 01:24 WIB

Serangan Siber Marak, Telkomsel Bekali Pelanggan dengan Perlindungan

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Aktivitas digital masyarakat yang semakin berkembang perlu diimbangi penguatan keamanan dari ancaman kejahatan siber. Berdasarkan datai Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sepanjang tahun 2021 telah terjadi 1,6 miliar serangan siber di Indonesia.

Serangan meliputi peretasan, phishingscam dan lain sebagainya. Mengingat besarnya potensi kejahatan siber di berbagai sektor industri digital, mendorong Telkomsel menghadirkan solusi keamanan digital yang komprehensif.

Kali ini menghadirkan Mobile Network Verification (MNV) yang merupakan bagian dari solusi Telkomsel Authentication Protection (TAP) untuk membantu meningkatkan keamanan data informasi digital di segmen korporasi (enterprise).

Sehingga para pelanggan enterprise dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Khususnya dalam menciptakan ekosistem gaya hidup digital yang aman dan terlindungi.

Solusi keamanan digital TAP-MNV memungkinkan pengguna melakukan otentikasi menggunakan URL yang diverifikasi melalui nomor telepon (MSISDN) dengan memanfaatkan jaringan operator selular secara real-time

Sistem TAP-MNV akan melakukan validasi URL tersebut hanya diketahui oleh device atau merchant dan TAP-MNV. Sehingga menghilangkan faktor interaksi oleh pengguna untuk keamanan yang lebih baik.

Validasi URL juga tidak terbatas hanya pada jaringan Telkomsel, tapi bisa dilakukan walaupun pengguna menggunakan Wi-Fi. Bahkan operator selain telkomsel.

Teknologi tersebut merupakan bentuk otentikasi implisit oleh jaringan operator dan menghapus sistem verifikasi dua langkah yang selama ini masih berisiko diretas dan cukup menyita waktu. 

Vice President Enterprise Business Management Telkomsel, Hanang Setiohargo mengatakan, melalui solusi keamanan digital TAP-MNV, Telkomsel berupaya membangun metode pengamanan yang lebih baik dibandingkan metode one time password (OTP).

Baca juga: Email Korporasi Jadi Target Serangan Siber di Tahun 2021

Layanan TAP-MNV hadir menjawab kebutuhan keamanan data informasi digital yang telah menjadi prioritas bisnis bagi pelanggan enterprise seiring masifnya penyebaran dan kompleksitas data informasi digital pada operasional bisnisnya.

“Dengan solusi keamanan digital terkini tersebut, Telkomsel juga turut membantu pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat dalam mereduksi berbagai tindak kejahatan siber yang sangat merugikan. Baik secara moral maupun materi,” terang Hanang, Selasa (28/6).

TAP-MNV memiliki 3 fitur unggulan yang dapat memberikan keamanan secara komprehensif. Pertamaseamless authentication. Proses otentikasi tidak melibatkan pengguna sama sekali.

Keduasecure authentication, tidak ada informasi keamanan yang diterima pengguna. Sehingga menghilangkan kemungkinan pihak ketiga mengakses pada perangkat lain.

Ketiga, easier to develop, tidak memerlukan banyak resource untuk pengembangannya karena proses otentikasi terjadi melalui carrier network. Dengan semua keunggulan tersebut, solusi keamanan digital TAP-MNV akan semakin meningkatkan kepercayaan dan pengalaman pelanggannya, karena proses otentikasi dilakukan dengan cepat, serta dapat mengurangi resiko pencurian data atau pengambilalihan akun.

Chief Executive Officer PT Benefit Vantage Limited, Stefan Kostic menyampaikan, kolaborasi ini akan membuka peluang lebih luas bagi seluruh pelanggan,k mendapatkan solusi verifikasi pengguna dan akses otentikasi seluler yang lebih aman.

“Semoga kolaborasi strategis ini dapat berdampak positif pada terciptanya keamanan digital yang madani bagi seluruh lapisan masyarakat,” terang Stefan. (ari)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER