Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Data Center Berbasis Energi Biru dan Ramah Lingkungan Akan Hadir di Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Usai groundbreaking NeutraDC Hyperscale Data Center (HDC) Batam pada Desember tahun lalu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk semakin memantapkan langkah untuk mengambil porsi dan menjadi pemain besar di industri data center.

Tak hanya memiliki kapasitas besar dengan standar tier 3 dan 4, HDC Batam akan menjadi bagian dari ekosistem data center TelkomGroup. Lalu terhubung dengan data center domestik dan internasional, edge data center, dan hyperscale data center di Cikarang.

Direktur Wholesale & Intenational Service Telkom, Bogi Witjaksono mengatakan, salah satu kunci keberhasilan data center adalah tingkat efisiensi dalam penggunaan energi.

Ke depan semakin tinggi kemampuan computing dari penghuni data center, membutuhkan energi yang sangat besar. Para pemain digital membutuhkan energi yang efisien dan hijau (green).

Baca juga: Telkom dan Singtel Kembangkan Regional Data Center dan Bisnis Broadband

“Kita akan buktikan, pada 2024 pertengahan paling lambat data center berbasiskan energi biru dan ramah lingkungan di Indonesia,” terang Bogi, Rabu (4/1)

Terkait teknologi energi terbarukan dan green energy ini, Telkom bekerja sama dengan Medco. ANantinya saat distribusi akan melibatkan PLN.

Telkom pun bekerja sama dengan Singtel yang juga pemain lama data center di Singapura. Bersama-sama, kedua pihak siap menangkap potensi kebutuhan spillover demand yang berasal dari Singapura dan sekitarnya. Selain juga memenuhi kebutuhan domestik di Indonesia.

Pada tahun 2030 nanti Indonesia setidaknya membutuhkan minimal 1,200 MegaWatt atau 1,2 GW data center. Telkom dapat menjadi bagian dari pemain dominan dan bergerak cepat untuk membangun ekosistem data center.

Dua tahun ke depan, TelkomGroup akan fokus memperkuat dan mengembangkan data centre. TelkomGroup berupaya memastikan pembangunan dapat segera rampung, data center tersebut terutilisasi. (alo)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER