Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023 Digelar di Jakarta, Singkap Potensi Pertumbuhan Baru Industri Teknologi Finansial

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Huawei menggandeng Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menggelar Huawei Cloud Indonesia FinTech Summit. Lebih dari 80 perwakilan perusahaan financial technology (fintech), mitra, regulator, serta kalangan perbankan berpartisipasi dalam diskusi untuk mengakselerasi inklusi keuangan digital di Indonesia.

Pada gelaran tersebut, Huawei Cloud, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta sejumlah perusahaan jasa keuangan meluncurkan inisiatif baru terkait Program Inovasi Keuangan Digital Indonesia.

Melalui inisiatif tersebut diusung misi bersama untuk mengeksplorasi dan menyelenggarakan inkubasi berbagai layanan dan solusi keuangan digital terbaru, memperkuat kerja sama antar perusahaan fintech, mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta memperkuat ekosistem keuangan digital di Tanah Air.

James Zhang, CEO Huawei Cloud Indonesia menyatakan, Huawei Cloud bertujuan menjadi pemimpin generasi cloud baru.

“Membangun fondasi cloud yang kokoh adalah inisiatif utama untuk mencapai visi kami. Kami bermaksud menjadi kontributor yang kuat untuk transformasi digital Indonesia melalui pusat data lokal, layanan lokal, dan ekosistem lokal kami,” kata James, pekan lalu.

Bambang W. Budiawan, Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK mengatakan, OJK menargetkan indeks inklusi keuangan Indonesia mencapai level 90% pada tahun ini. Lalu membangun ekosistem digital keuangan merupakan cara paling efektif merealisasikan target tersebut.

Guna memitigasi risiko yang terdapat di cloud, salah satu elemen krusial yang perlu diperhatikan oleh perusahaan jasa keuangan adalah kelengkapan kerangka program manajemen risiko dan pengawasan yang ditawarkan oleh penyedia cloud.

“Kerangka program tersebut meliputi uji tuntas (due diligence) dan monitoring, metrik evaluasi performa, keamanan, kontrol risiko dan perencanaan tanggap darurat,” lanjut Bambang.

Baca juga: Dukung Pengembangan Digital, BNI Syariah Berpartisipasi di Indonesia Fintech Summit 2020

Satwika Daksawardhana, Vice President Bank Neo Commerce (BNC) mengatakan, salah satu strategi BNC adalah bekerja sama dengan para mitra untuk melayani beragam nasabah.

“Kami menyadari, strategi ini memiliki risiko keamanan yang dapat memperlambat interasi dan mengakibatkan terbangunnya arsitektur teknologi yang tidak fleksibel. Namun, BNC memiliki mitra yang andal dan tepercaya, Huawei Cloud, yang mampu memastikan semua proses dapat berjalan dengan mulus,” kata Satwika.

James Huang, Direktur Global Fintech Solution Huawei Cloud menyatakan, Huawei Cloud telah memiliki pengalaman panjang selama bertahun-tahun menyediakan layanan kepada pelanggan dari sektor keuangan di seluruh dunia.

“Dengan data center di berbagai lokasi utama di dunia, Huawei Cloud menawarkan layanan full-stack cloud dan platform kerja sama berkualitas tinggi, menjadikannya pilihan ideal bagi seluruh penyedia layanan keuangan yang membutuhkan mitra cloud yang andal dan tepercaya,” terang. James.

Huawei Cloud menawarkan kepada perusahaan fintech layanan-layanan komputasi, penyimpanan, dan jaringan sumber daya dari jaringan global tunggal. Serta fitur layanan terdepan yang di dalamnya terdapat konvergensi pengolahan big data dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER