Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

AIS dan ZTE umumkan keberhasilan uji coba 5G mmWave SA pada 26GHz yang pertama di Thailand

BACA JUGA


  • AIS bermitra dengan Qualcomm Technologies dan ZTE, serta berhasil menyelesaikan uji coba teknologi mmWave SA (5G Standalone Architecture) di AZ Center, Bangkok.
  • Uji coba teknologi 5G mmWave SA ini menghasilkan kinerja yang luar biasa, mencatat latensi di bawah 4 milisekon, kecepatan uplink yang luar biasa hingga 2,12Gbps dalam struktur kerangka DDDSU, serta kecepatan downlink hingga 7,04Gbps dalam struktur kerangka DDDSU


BANGKOK, 4 Juli 2023 /PRNewswire/ — ZTE Corporation (0763.HK / 000063.SZ), perusahaan terkemuka di dunia yang menyediakan solusi teknologi informasi dan komunikasi, bermitra dengan AIS, dan berhasil menyelesaikan uji coba teknologi mmWave SA (5G Standalone Architecture) di AZ Center, Bangkok. Pencapaian ini tak hanya menempatkan Thailand sebagai pemimpin di wilayah ASEAN dalam hal eksplorasi mmWave, namun juga menjadi langkah penting menuju komersialisasi mmWave di negara tersebut, memenuhi berbagai jenis kebutuhan konsumen dan industri.

Lewat uji coba tersebut, teknologi 5G mmWave SA menghasilkan kecepatan downlink hingga 7,04Gbps dalam struktur kerangka DDDSU, kecepatan uplink yang luar biasa hingga 2,12Gbps dalam struktur kerangka DDDSU, serta latensi terpadu di bawah 4 ms. Kinerja unggulan ini tercapai berkat penggunaan satu purwarupa CPE yang didukung Snapdragon® X65 5G Modem-RF System dari Qualcomm Technologies, serta peralatan infrastruktur jaringan mmWave AAU terkini dari ZTE. Teknologi ini menawarkan throughput optimal dan jeda transmisi data yang rendah. Maka, pengguna dapat memperoleh respons cepat pada aplikasi penting, seperti online gaming, virtual reality, dan kendaraan otonom. Berkat konektivitas yang lancar antara pengguna dan perangkatnya, kemajuan teknologi ini menghadirkan banyak peluang bagi perusahaan dan konsumen.

Dibandingkan EN-DC atau NR-DC, mmWave SA memakai empat carrier 200MHz pada downlink, dan dua carrier 200MHz pada uplink yang beroperasi pada 26GHz. Pendekatan ini sangat menyederhanakan arsitektur jaringan dan tidak lagi memerlukan jaringan seluler "anchoring" pada EN-DC atau NR-DC. Dengan demikian, klien tidak lagi membutuhkan anggaran belanja modal tambahan.

Demonstrasi mmWave SA dianggap sebagai katalis bagi perkembangan pesat teknologi 5G mmWave komersial di Thailand. AIS, Qualcomm Technologies, dan ZTE berkomitmen mempercepat dan memperluas kapabilitas 5G, meningkatkan efisiensi, serta membuat terobosan dalam aplikasi personal, perusahaan, dan industri. Maka, komitmen tersebut meningkatkan konektivitas dan produktivitas, serta menghadirkan peluang baru bagi pengguna dan industri.

Wasit Watansap, Head, Nationwide Operations and Support Business Unit, AIS, berkata, "Sejalan dengan target dan rencana kami untuk meningkatkan kualitas layanan demi menjadi Cognitive Tech-Co, atau penyedia teknologi telekomunikasi yang pintar, kami berkolaborasi dengan mitra global seperti ZTE dan Qualcomm. Tujuannya, meningkatkan potensi 5G agar mampu mengakomodasi pola penggunaan konsumen dan menopang pertumbuhan ekonomi digital yang bergantung pada kecanggihan infrastruktur teknologi digital. Lebih lagi, kesuksesan yang tercapai dalam uji coba teknologi mmWave SA, berhasil mencatat latensi di bawah 4 milisekon, kecepatan uplink hingga 2,12 Gbps, serta kecepatan downlink hingga 7,04 Gbps, akan mendukung jaringan 5G dengan kapabilitas dan teknologi pintar yang menghasilkan berbagai solusi, seperti mengendalikan mesin di pabrik dan sektor manufaktur, kendaraan otomatis, prosedur bedah jarak jauh, dan bahkan Mobile Cloud Gaming yang sangat cepat, reliabel, berlatensi rendah, responsif, serta real-time. Maka, teknologi ini akan menguntungkan kalangan perusahaan, industri, dan masyarakat Thailand."

"Kami gembira mendapat kesempatan sebagai mitra AIS dan ZTE dalam membuat pencapaian yang menjadi langkah penting menuju implementasi 5G mmWave di Thailand. Kami selalu berkomitmen mencapai perkembangan 5G mmWave, sebab teknologi ini akan mewujudkan dunia yang terkoneksi dan pintar, tak hanya bermanfaat bagi kalangan perusahaan, namun juga pengguna akhir," ujar ST Liew, Vice President, QUALCOMM CDMA Technologies Asia-Pacific Pte. Ltd., dan President, Qualcomm Taiwan, Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru.

"Kami gembira bekerja sama dengan AIS dan Qualcomm Technologies, serta mewujudkan pencapaian yang menjadi landasan bagi validasi teknologi dalam komersialisasi 5G mmWave," kata Mei Zhonghua, Senior Vice President, ZTE Corporation. "Setelah peluang 5G tersedia lebih luas berkat mmWave, kami akan berkolaborasi dengan mitra dan terus menggerakkan perkembangan mmWave, menciptakan pengalaman terbaik, dan menyambut era 5G."

TENTANG AIS:

Advanced Info Service Public Company Limited (AIS) adalah Penyedia Layanan Digital 5G dengan spektrum terlengkap, dan menawarkan layanan dengan total 1.420MHz. AIS memiliki jumlah pelanggan terbanyak di Thailand, tercatat hingga lebih dari 46 juta pelanggan pada Desember 2022. AIS siap mendukung Thailand dengan teknologi 5G yang kini menjangkau 77 provinsi lewat tiga bisnis inti: ponsel, home broadband berkecepatan tinggi lewat AIS Fibre, Layanan Digital dalam lima aspek, yaitu video, Cloud, pembayaran digital, Internet of Things (IoT), serta layanan lain yang disediakan AIS bersama mitranya. AIS juga terus berekspansi dengan mendirikan AIS eSports dan AIS Insurance Service. Seluruh langkah ini menjadi bagian dari visi AIS sebagai Cognitive Tech-Co, mendukung perkembangan pesat infrastruktur digital Thailand, membangun potensi daya saing industri, serta meningkatkan kualitas hidup seluruh warga Thailand. Informasi lebih lanjut: www.ais.th 

TENTANG QUALCOMM:

Produk yang memakai merek Snapdragon dan Qualcomm dibuat oleh Qualcomm Technologies, Inc. dan/atau anak usahanya. Teknologi yang telah dipatenkan Qualcomm digunakan berdasarkan lisensi Qualcomm Incorporated. Qualcomm dan Snapdragon adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar Qualcomm Incorporated.

TENTANG ZTE:

ZTE menghubungkan dunia dengan inovasi berkelanjutan demi menciptakan masa depan yang lebih baik. ZTE menyediakan teknologi inovatif dan solusi terintegrasi. Portofolio produk ZTE mencakup seluruh layanan nirkabel, jalur kabel, perangkat, dan telekomunikasi profesional. Melayani lebih dari seperempat penduduk dunia, ZTE bertekad menciptakan ekosistem digital yang berteknologi pintar, serta menghadirkan konektivitas dan aspek kepercayaan di setiap lokasi. ZTE terdaftar di Bursa Efek Hong Kong dan Shenzhen. www.zte.com.cn/global 

IKUTI KAMI:

Facebook www.facebook.com/ZTECorp
Twitter www.twitter.com/ZTEPress
LinkedIn www.linkedin.com/company/zte
YouTube www.youtube.com/@ZTECorporation

NARAHUBUNG MEDIA:

ZTE Corporation
Communications
Surel: ZTE.press.release@zte.com.cn


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER