Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Astra International (ASII) Beli Hotel Mandarin Senilai Rp 1,27 Triliun

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Astra International Tbk (ASII) melalui anak usahanya, PT Astra Land Indonesia, telah membeli 96,92% porsi kepemilikan pada PT Jaya Mandarin Agung milik Mandarin Oriental Holding BV. Nilai transaksi itu US$ 49,77 juta.

Di sisi lain, Mandarin Oriental Hotel Group menjual piutang senilai US$ 35,23 juta di Jaya Mandirin Agung kepada Astra Land Indonesia.

Total nilai transaksi ini mencapai US$ 85 juta. Jika dirupiahkan dengan kurs Rp 15.000 per dollar Amerika Serikat (AS), transaksi itu setara Rp 1,27 triliun.

Baca juga: Sah, Astra International dan WeLab Mengakuisisi Bank Jasa Jakarta

Astra Land Indonesia menilai, aset properti Jaya Mandarin Agung berada di lokasi yang strategis, yakni di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat. Sehingga pembelian ini menjadi peluang yang menarik bagi pengembangan bisnis.

“Perkembangan bisnis Astra Land dapat memberikan nilai tambah bagi ASII, sebagai pemegang saham tidak langsung dari Astra Land,” tulis manajemen ASII dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (4/7).

Pembelian aset pada tanggal 27 Juni 2023 tersebut, tergolong transaksi afiliasi. Pemegang saham utama ASII memiliki hubungan afiliasi dengan Mandarin Oriental Holdings dan Mandarin Oriental Hotel Group Limited. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER