Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Cetak Laba Bersih Setelah Normalisasi Rp 658 Miliar di Semester I 2023

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata meraih pertumbuhan yang semakin kuat di sepanjang semester pertama tahun 2023. Kinerja keuangan tumbuh double digit di tengah kompetisi dan dinamika industri.

XL Axiata terus memperkuat eksekusi strategi konvergensi dengan mendorong bisnis fixed mobile convergence (FMC) di semua area. Termasuk pada produk, infrastruktur jaringan dan teknologi informasi hingga manajemen.

XL Axiata meraih total pendapatan sebesar Rp 15,78 triliun. Tumbuh sebesar 12% dari periode yang sama tahun lalu alias year on year (yoy). Pendapatan data dan layanan digital mencapai Rp 14,41 trilun, atau sekitar 91% dari total pendapatan.

EBITDA tumbuh 14% yoy dengan margin yang meningkat ke 49%, menjadi Rp 7,65 triliun. Selain itu, XL Axiata membukukan pertumbuhan laba bersih setelah dinormalisasi (NPAT), yaitu sebesar Rp 658 miliar.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, XL Axiata kembali berhasil mencatat kinerja yang solid, tumbuh double digit untuk semester 1 2023.

“Ini hasil upaya maksimal kami di semua aspek bisnis untuk merebut pasar. Pertumbuhan double digit kami raih pada pendapatan, EBITDA, dan NPAT,” kata Dian, Jumat (28/7).

Pada pengembangan layanan FMC, XL Axiata terus memperkuat fondasi sebagai perusahaan menyedia layanan konvergensi terdepan di Indonesia. Bukan hanya pada produk yang sudah convergence, juga pada sisi organisasi, jaringan, TI, hingga distribusi. Jadi hingga saat ini, XL Axiata masih yang terdepan untuk layanan FMC.

Baca juga:

XL Axiata menutup semester pertama 2023 dengan total pelanggan sebanyak 58 juta. Pencapaian blended ARPU (average revenue per user) meningkat dari Rp 38.000 di periode yang sama tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp 41.000. Meningkatnya blended ARPU ini searah dengan fokus perusahaan untuk meraih dan mempertahankan pelanggan yang produktif

Selain itu, strategi transformasi digital XL Axiata termasuk dalam mengembangkan pengalaman pelanggan melalui aplikasi MyXL dan AXISNet terus menunjukkan efektivitasnya.

Kedua aplikasi telah memberikan hasil yang sangat kuat hingga enam bulan pertama 2023. Tercatat lebih dari 27 juta pelanggan yang aktif menggunakan MyXL dan AXISNet, dengan pertumbuhan monthly active user (MAU) mencapai 77% sejak Desember 2021..

Salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan. Strategi tersebut terus diterapkan di sepanjang semester pertama 2023 ini.

Hasil dari penerapan strategi berbasis digital melalui data analytics juga memungkinkan XL Axiata berinvestasi di area yang bernilai tinggi dan membangun jaringan. Termasuk untuk memenuhi permintaan dari seluruh segmen pelanggan

XL Axiata telah berhasil meningkatkan performa jaringan dan pengalaman pelanggan. Komitmen XL Axiata memperkuat jaringan jelas tercermin dari pengalokasian belanja modal (capex) sebesar Rp 8 triliun, yang mayoritas untuk mendukung kebutuhan ekspansi jaringan.

Hingga akhir Juni 2023, total jumlah BTS XL Axiata mencapai 150.261 BTS (2G & 4G), dengan jumlah BTS 4G sebanyak 97.125 ribu unit. Jumlah BTS 4G ini tumbuhan 9,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 59% (fiberized). (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER