Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kolaborasi Amartha dan Kementerian Kominfo untuk Digitalisasi UMKM

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Amartha Mikro Fintek berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam pelaksanaan program Adopsi Teknologi Digital dan Inkubasi Bisnis UMKM “UMKM Level Up”.

Dalam program ini, Amartha sebagai salah satu fasilitator memberikan fasilitas pelatihan, penyusunan materi, hingga pendampingan. Kerjasama ini bertujuan untuk memfasilitasi adopsi teknologi digital 4.0 bagi para pelaku UMKM. 

Program pelatihan dan pendampingan ini merupakan inisiatif Kementerian Kominfo guna mengembangkan potensi keterampilan dan kemandirian pelaku usaha UMKM melalui ekosistem digital. Harapannya, pelaku UMKM dapat meningkatkan akses pemasaran, efisiensi dan efektivitas operasional, sekaligus berdampak pada transaksi penjualan serta daya saing UMKM di Indonesia. 

Baca juga: Amartha Angkat Rudiantara Menjadi Komisaris

Budhi Siswoadji, Chief Operating Officer Amartha menyampaikan Amartha melihat potensi yang sangat besar bagi UMKM untuk bersaing. Namun butuh intervensi yang lebih jauh, misalnya dengan memberikan literasi keuangan dan digital.

Dengan mengadopsi digitalisasi, UMKM berpotensi untuk memperluas jangkauan pasarnya, mengembangkan kapabilitas usahanya, agar UMKM dapat lebih sejahtera.

“Selama 13 tahun Amartha hadir secara konsisten untuk memajukan ekonomi akar rumput melalui teknologi yang inklusif, jaringan kemitraan yang kuat, serta pendekatan yang humanis dan berkelanjutan merupakan wujud dari kesiapan kami sebagai salah satu fasilitator,” ucapnya, belum lama ini.

Samuel A. Pangerapan, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menjelaskan, melalui program ini meningkatkan adopsi digital bagi pelaku UMKM agar produktivitasnya meningkat dan memfasilitasi inkubasi bisnis 100 pelaku UMKM binaan Kementerian Kominfo yang sudah memiliki kemampuan digital dalam memasarkan produknya.

“Dengan melibatkan para fasilitator, harapannya peningkatan level adopsi teknologi digital dan peningkatan kemampuan bisnis dapat memberi nilai lebih serta mendorong produksi salam negeri yang berdampak pada peningkatan nilai ekspor dan pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Program kelas tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo di berbagai wilayah sebaran UMKM di Indonesia. Selama enam bulan ke depan, Amartha akan menyampaikan materi yang relevan dan mendampingi UMKM dalam mendigitalisasi perekonomian. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER