Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kurangi Ketergantungan Dollar AS, Indonesia, Malaysia dan Thailand Kompak Pakai Mata Uang Lokal untuk Transaksi Bilateral

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tiga bank sentral negara ASEAN, yakni Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand memperkuat kerja sama guna mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara. Terutama dalam transaksi bilateral antara Indonesia dan Thailand, Indonesia dan Malaysia.

Penguatan kerja sama tersebut melalui perluasan penggunaan mata uang lokal pada transaksi lintas batas yang lebih luas dari cakupan perdagangan dan investasi langsung (direct investment).

Serta melalui sinergi dengan inisiatif sistem pembayaran lintas negara untuk penyelesaian transaksi dalam mata uang lokal yang lebih efisien

Baca juga: BI dan The People’s Bank of China Perbarui Perjanjian Penggunaan Mata Uang Lokal

Kesepakatan ini juga menunjukkan komitmen tiga bank sentral memperkuat kerja sama penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral antar ketiga negara tersebut.

Kerja sama ini menandai tonggak utama dalam memperkuat transaksi lintas negara antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

“Ketiga bank sentral meyakini, hal tersebut akan memberikan kontribusi positif bagi stabilitas pasar keuangan. Serta pendalaman pasar keuangan dalam mata uang lokal di ketiga negara,” tulis BI dalam situs resminya, Jumat (25/8). (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER