Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kualitas Udara Tak Sehat, Tokopedia Bagi Cara Mengatasi Polusi Udara

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Belakangan ini, udara di berbagai wilayah di Indonesia berkualitas buruk. Terlebih di kota besar seperti Jakarta.

Grafik riwayat kualitas udara di Jakarta dalam satu bulan ke belakang menunjukkan, Indeks Kualitas Udara atau AQI di Jakarta bahkan bisa mencapai 164.

Angka ini termasuk dalam kategori tidak sehat menurut nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Artinya, pencemaran udara yang terjadi bisa menimbulkan efek pada seluruh populasi dan populasi sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang serius.

“Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia punya program Tokopedia Hijau untuk mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat berperan aktif menjaga lingkungan,” jelas Public Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, Kamis (24/8).

Penjualan air purifier di Tokopedia naik 3 kali. Tokopedia membagikan lima tips untuk menghadapi kualitas udara yang buruk.

  1. Tingkatkan kualitas udara dalam ruangan
    Masyarakat bisa memanfaatkan produk seperti air purifier berteknologi HEPA Filter yang dapat membersihkan partikel kecil di udara. Termasuk debu, bakteri dan polutan lainnya.

    Penjualan air purifier melalui Tokopedia sepanjang dua minggu awal Agustus 2023, dibandingkan rata-rata transaksi dwimingguan di kuartal II 2023, meningkat hampir 3 kali lipat.

    Selain itu, masyarakat juga bisa mengombinasikan air purifier dengan tanaman penjernih udara. Seperti lidah buaya, snake plant atau areca palm. Tanaman penjernih udara dapat menyerap partikel-partikel mikroskopis dan polutan lain, seperti benzena, formaldehida dan amonia.

    “Kami mencatat, penjualan tanaman penjernih udara melalui Tokopedia sepanjang dua pekan awal Agustus 2023, dibandingkan rata-rata transaksi dwimingguan di kuartal II 2023, mengalami peningkatan hampir dua kali lipat,” jelas Aditia.
  2. Jaga kesehatan di tengah tingginya polusi udara
    Polusi udara dapat memicu masalah kesehatan, seperti flu, batuk dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

    Gunakan masker medis saat berada di luar ruangan guna melindungi saluran
    pernapasan dari partikel berbahaya. Selain itu, konsumsi vitamin untuk tingkatkan imunitas tubuh dan obat yang dianjurkan jika memiliki gejala gangguan pernapasan.

    Masyarakat dapat mengakses obat-obatan, masker, vitamin dan produk kesehatan lain melalui halaman Tokopedia Zona Sehat. “Ada promo ‘Traktiran Hemat Lindungi dari Polusi’ dengan flash sale dua kali sehari hingga 90%,” tambah Aditia.

    Baca juga: Hari Pajak Nasional: Bayar Pajak Bisa Lewat Tokopedia
  3. Lindungi kesehatan kulit dari paparan polutan

Selain menimbulkan dampak pada kesehatan pernapasan, polusi udara juga bisa memicu gangguan pada kulit. Seperti jerawat, dermatitis dan lainnya. “Agar kulit tetap sehat dan terlindungi dari efek buruk polusi udara, gunakan produk skincare yang mengandung antioksidan. Sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan polutan lain.

  1. Kelola limbah rumah tangga

    Kebiasaan masyarakat menumpuk dan membakar sampah dapat memperburuk kualitas udara.
    Masyarakat bisa mengambil langkah bijak dalam mengelola sampah dengan menerapkan prinsip 3R, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang).
  2. Beralih ke moda transportasi umum untuk bantu kurangi polutan berbahaya
    Naik transportasi umum bisa menjadi pilihan masyarakat untuk membantu mengurangi kadar polusi udara.

    Dengan memilih moda transportasi umum, masyarakat tidak hanya membantu mengurangi polutan, tetapi mendukung gaya hidup aktif yang bermanfaat bagi kesehatan fisik. (nin)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER