Minggu, 14 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

BCA Expo 2023 Kumpulkan Lebih dari 3.500 Sampah Botol Plastik Melalui Mesin Daur Ulang

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tidak hanya melihat deretan mobil dan rumah idaman dengan suku bunga spesial, pengunjung BCA Expo 2023 antusias memanfaatkan sejumlah mesin besar berwarna biru di beberapa titik.

Mesin tersebut merupakan mesin penukaran botol plastik atau Reverse Vending Machine (RVM) yang disediakan Bakti BCA selama tiga hari penyelenggaraan BCA Expo 2023 di ICE BSD, berkolaborasi dengan Plasticpay.

Antusiasme pengunjung BCA Expo 2023 terlihat dari antrean penukaran sampah plastik yang mengular di beberapa kesempatan. Belum sampai tiga hari, jumlah sampah botol plastik yang terkumpul di BCA Expo 2023 hingga Ahad (10/9) lebih dari 3.500 botol atau setara lebih dari 65 kilogram (kg).

Plasticpay merupakan gerakan sosial berbasis platform digital. Gerakan ini mengajak masyarakat untuk secara kolektif mengumpulkan sampah plastik, yang kemudian akan didaur ulang menjadi eco friendly fibers sebagai bahan dasar produk-produk ramah lingkungan.

Sampah botol plastik yang dikumpulkan juga bisa ditukarkan oleh pengunjung BCA Expo 2023 menjadi Plasticpay Point, melalui aplikasi Plasticpay. Plasticpay Point ini nantinya dapat dikonversikan menjadi rupiah ke rekening bank, dompet elektronik, hingga pulsa, dan donasi.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn mengatakan, upaya ini selaras dengan komitmen Bakti BCA, khususnya melalui pilar Bakti Lingkungan, untuk senantiasa berkontribusi positif terhadap pelestarian alam dan lingkungan.

Baca juga: Banjir Bunga Murah KPR dan DP Khusus di BCA Expo 2023, Digelar Hybrid

Sebelumnya Bakti BCA telah menggandeng Plasticpay di ajang Gebyar BCA Merah Putih, di kawasan car free day Jakarta, Minggu 27 Agustus 2023 lalu.

“Kolaborasi Bakti BCA dan Plasticpay ini diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah plastik, sekaligus mempromosikan nilai ekonomi sirkular kepada masyarakat” tambah Hera, pekan lalu.

Sementara itu, CEO Plasticpay Suhendra Setiadi siap mendukung BCA dalam melakukan sustainable practice, serta mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku terhadap sampah plastik.

Melanjutkan kesuksesan kegiatan sebelumnya yang berhasil menangkap animo tinggi dari masyarakat, BCA Expo 2023 kembali diselenggarakan secara hybrid. Untuk hybrid hingga 8 Oktober mendatang. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER