Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tiga Pendana Institusi Kucurkan Pendanaan ke Grup Modalku Sebesar US$ 27 Juta

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Ekspansi Grup Modalku bakal semakin kencang. Fintech lending ini meraih debt funding atau fasilitas pendanaan sebesar US$ 27 juta atau sekitar Rp 414 miliar, dengan kurs Rp 15.037 per dollar Amerika Serikat (AS). 

Pendanaan dipimpin AlteriQ Global, perusahaan pengelola keuangan swasta yang berfokus di Asia, Aument Capital Partners (ACP), perusahaan investasi multi-keluarga dan Orange Bloom, perusahaan yang fokus pada pendanaan berkelanjutan. 

Grup Modalku gerus memperluas jangkauan akses layanannya melalui pendanaan ini. Dan di sisi lain mendukung UMKM untuk menjaga kelancaran arus kas bisnis mereka.

“Di tengah kondisi makroekonomi yang tidak menentu, kami terus meningkatkan aktivitas pendanaan ke lebih banyak UMKM yang belum terlayani di lima pasar Modalku beroperasi, baik bersama dengan partner lama maupun partner baru,” terang Country Head Modalku, Arthur Adisusanto, Selasa (26/9)

Pendanaan ini akan semakin meningkatkan jangkauan Grup Modalku dalam menjembatani kesenjangan finansial bagi UMKM di Asia Tenggara. Grup Modalku juga mulai menawarkan solusi selain pendanaan. Seperti pembayaran (payments) dan penerimaan pembayaran (collect payment)untuk mengatasi masalah pengelolaan arus kas bagi UMKM. 

Baca juga: Lebih dari 5,1 Juta Transaksi UMKM Mendapat Kucuran Rp 48 Triliun dari Grup Modalku

Grup Modalku telah menyalurkan pendanaan lebih dari Rp 52 triliun kepada lebih dari 5,1 juta transaksi, serta melayani sekitar 100.000 UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Managing Partner AlteriQ Global, Zhi Yong Heng melihat, sinergi dan potensi besar atas pencapaian Grup Modalku selama bertahun-tahun melalui beragam solusi pendanaan digital, kualitas tim yang terpercaya, dan banyaknya UMKM yang telah dilayani. 

Sebagai salah satu pionir di bidang pendanaan digital, hal ini sangat berkaitan dengan upaya AlteriQ Global untuk mendorong dan menyediakan ekosistem keuangan yang sepenuhnya terintegrasi,” kata Zhi. 

ACP berperan sebagai family office yang menangani seluruh kebutuhan keuangan dan investasi kliennya, seperti memastikan pengelolaan dan pertumbuhan kekayaan generasinya. Sejak awal Grup Modalku berdiri, ACP melihat Grup Modalku sebagai mitrą utama dalam menyediakan akses kredit untuk UMKM, yang mana kedepannya juga bisa menjadi fasilitas pendanaan bagi para kliennya.

Di sisi lain, Orange Bloom sedang memperluas jangkauannya dan bertransisi menjadi pionir dalam isu-isu berkelanjutan. Pendanaan berkelanjuta bertujuan untuk memberikan dukungan berupa akses pendanaan bagi UMKM termasuk individu untuk mengatasi perubahan iklim serta bertransisi ke praktik yang lebih berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER