Sabtu, 20 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

BRI Finance Dorong Pembiayaan Kendaraan Listrik dan Berkelanjutan

BACA JUGA


FinTechnesia.com | Dukungan pada program akselerasi penggunaan kendaraan listrik dan berfokus terhadap pembiayaan berkelanjutan, terus menjadi komitmen BRI Finance. Langkah ini adalah penerapan prinsip environmental, social, and governance (ESG), khususnya pada aspek lingkungan.

Pelaksana Tugas Direktur Utama dan Direktur Bisnis BRI Finance, Primartono Gunawan mengatakan, aspirasi tersebut tak terlepas dari dukungan terhadap upaya pemerintah dalam mewujudkan net zero emission (NZE) pada 2060.

BRI Finance berharap, bisa mempercepat transisi energi yang merupakan wujud tanggung jawab lingkungan global dan kesiapan dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

“Perseroan berkomitmen mendukung program akselerasi penggunaan kendaraan listrik. Kami sebagai bagian dari BRI Group akan memberikan dukungan, baik pembiayaan untuk B2B maupun skema B2C” ujar Prima, sapaan Primartoho, Selasa (26/9).

Kendaraan ramah lingkungan khususnya kendaraan listrik, memiliki potensi besar dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, sehingga mendukung transisi menuju energi bersih. Pasar kendaraan listrik pun semakin besar di Indonesia.

Baca juga: Sinergi dengan Emak, BRI Finance Targetkan Pembiayaan Baru Sekitar 44,1%

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan kendaraan listrik meningkat signifikan pada tahun 2022 yaitu 10.327 unit.

Sedangkan tahun 2021 sebanyak 687 unit. BRI Finance mencatatkan peningkatan penyaluran pembiayaan baru kendaraan listrik (electric vehicle – EV) yang signifikan sebesar 711% (ytd) tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2022.

“Untuk mengoptimalkan potensi pasar tersebut, dan guna mendukung visi dan target pemerintah untuk percepatan kendaraan listrik dan tercapainya NZE pada tahun 2060, BRI Finance memberikan program promo menarik hingga akhir September 2023.

“Program itu DP 0% dan bunga mulai dari 0,42% per bulan dengan tenor pembiayaan hingga 6 tahun,” lanjutnya

Selain di pasar otomotif, BRI Finance juga tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan sektor lain. Saat ini BRI Finance juga memiliki produk pembiayaan lain untuk nasabah yaitu pembiayaan multiguna.

“Ini adalah program pembiayaan untuk segala macam kebutuhan dari calon debitur. Perseroan pun ke depan akan selalu berinovasi untukmendukung pembiayaan berkelanjutan,” tutur Prima. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER