Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tokopedia Luncurkan Festival Pustaka Sastra, Perkuat Perlindungan Kekayaan Intelektual dan Berantas Buku Bajakan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tokopedia, memiliki sederet upaya berkelanjutan dalam memperkuat perlindungan hak kekayaan intelektual (HKI) di keseluruhan ekosistem Tokopedia maupun di Indonesia. Sepanjang semester I 2023, misalnya, Tokopedia menghapus lebih dari 80 juta produk yang melanggar HKI dan/atau syarat dan ketentuan Tokopedia.

Terus memperkuat perlindungan HKI, Tokopedia bekerja sama dengan pemerintah, penulis, penerbit dan asosiasi meluncurkan Festival Pustaka Sastra, Rabu (25/10).
“Festival Pustaka Sastra bertujuan memperkuat perlindungan HKI penulis dan hak cipta buku, serta memberantas buku bajakan di Indonesia, khususnya di platform Tokopedia,” kata ata Vice President of Physical Goods Tokopedia, David Kartono, Rabu (25/10).

Baca juga: Cuaca Panas Ekstrem Berlanjut, Tokopedia Petakan Lima Destinasi Wisata untuk Kabur dari Panas, Ada Promo Diskon Sampai Rp 1 Juta

Festival Pustaka Sastra terdiri dari berbagai program. Mulai penghapusan buku bajakan di Tokopedia, pembuatan halaman khusus Festival Pustaka Sastra, hingga halaman khusus bagi masing-masing penulis tanah air. Inisiatif ini juga diharapkan dapat lebih memudahkan masyarakat mengakses buku asli.

Digitalisasi membantu pemerataan akses sumber bacaan dan meningkatkan literasi masyarakat Indonesia. Namun di sisi lain, menurut Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi), digitalisasi memperbesar peluang penjualan buku bajakan. Survei Ikapi pada tahun 2021 menunjukkan sekitar 75% penerbit menemukan buku terbitan mereka dibajak dan dijual di marketplace. Kerugian akibat pembajakan
buku ini ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah.

Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), Anggoro Dasananto sepakat, digitalisasi memang mempermudah distribusi buku, namun kita juga perlu melindungi kekayaan intelektual para penulis, serta hak cipta buku-buku tersebut. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER