Senin, 26 Februari 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dukung Gerakan Literasi, Nojorono Kudus Donasikan Buku Caping Kalo di Daerah Jawa Tengah

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Indonesia tidak hanya mendapat berkah sumber kekayaan alam yang melimpah, namun jugah seni dan kebudayaan yang indah dan beragam. Jauh sebelum istilah strootjes yang kemudian dinamai kretek dicatat Belanda, eksistensi Caping Kalo sudah dikenal sebagai warisan budaya asli dari Kudus.

Asingnya informasi terkait Caping Kalo sebagai produk budaya khas Kudus, mendasari Nojorono Kudus senantiasa menjaga kelestarian Caping Kalo dari kepunahan dan minimnya literasi dengan menggagasi proyek buku Caping Kalo di tahun 2022 lalu.

Didukung komitmen kuat untuk melestarikan budaya Caping Kalo sebagai ciri khas Kudus dan mendukung gerakan literasi di masyarakat, khususnya di Jawa Tengah, Nojorono Kudus mendonasikan buku Caping Kalo. Donasi ini mencakup 35 titik perpustakaan daerah serta berbagai universitas dan sekolah di Jawa Tengah.

Baca juga: Bank Puntung, Upaya Nojorono Kudus dalam Manajemen Limbah

T. Sugiyanto, CSR Department Head PT Nojorono Tobacco International, mengemukakan, donasi buku ini diharapkan dapat membantu melestarikan budaya lokal dan sekaligus mendukung pendidikan di Jawa Tengah.

“Donasi ini diharapkan dapat memperkaya koleksi buku di perpustakaan daerah dan memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk menikmati karya yang sarat akan budaya khas Kudus ini,” kata Sugiyanto, Selasa (21/11).

Ia berharap, kegiatan donasi ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi dan pendidikan di Jawa Tengah. “Kami harap tak hanya akan mendorong masyarakat untuk membaca, tetapi juga mendorong rasa keingintahuan terhadap budaya Caping Kalo. Sehingga kegiatan ini turut menjadi titik balik dalam melestarikan budaya sekaligus mendukung pendidikan di Jawa Tengah.” tutup Sugiyanto. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER