Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Cara Baru Promosi Rokok, Jerat Anak Muda dengan Mengakali Regulasi Lewat Metaverse, Advergames dan NFT

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Laporan terbaru Vital Strategies menemukan fakta, industri rokok berusaha melawan kemerosotan tingkat konsumsi rokok secara global dan
berbagai usaha untuk meregulasi iklan, promosi dan sponsor secara ketat.

Industri rokok berinvestasi dalam berbagai perangkat pemasaran digital tercanggih. Seperti Metaverse, siaran podcast, dan karya seni nonfungible token (NFT). Berbagai media baru tersebut tidak teregulasi dan didominasi oleh audiens muda. Beberapa estimasi mengindikasikan bahwa 51% peserta Metaverse berusia di bawah 13 tahun.

Laporan terbaru Vital Strategies ini bagian dari inisiatif Tobacco Enforcement and
Reporting Movement (TERM), sistem pemantauan pemasaran rokok di media digital.

“Konsumsi rokok secara global terus merosot dan industri rokok berusaha mati-matian untuk menjaring konsumen generasi berikutnya demi mempertahankan keuntungan mereka seiring menurunnya jumlah perokok,” ujar Nandita Murukutla, Vice President Global Policy and Research dari Vital Strategies, pekan lalu.

Dalam laporan TERM terkini, terlihat industri berusaha menempuh segala cara mendapatkan konsumen baru. Mereka memanfaatkan anggaran pemasaran sangat besar untuk memasang iklan di internet, yang regulasinya masih sangat lemah. Termasuk yang sangat meresahkan, menyasar ruang-ruang yang justru adalah sarana media yang ramai digunakan oleh anak muda.

Baca juga: Garap Bisnis Metaverse, Salim Group dan WIR Group Bentuk Perusahaan Patungan

“Data kami menunjukkan, pemerintah perlu bergegas meningkatkan upaya, khususnya terkait. kebijakan cerdas dan penegakannya. Hal tersebut menjadi kepentingan darurat menghadapi berbagai tantangan terhadap upaya pengendalian dan memperketat pemasaran rokok. Kita harus bergerak cepat untuk memastikan, teknologi tidak dibiarkan tanpa pengawasan,” papar Nandita.

Platform digital memungkinkan pemasaran lebih efektif serta meningkatkan eksposur terhadap pemasaran. “Ini menyebabkan kenaikan permintaan terhadap
produk berbahaya yang berisiko menimbulkan berbagai penyakit,” kata Benn McGrady, Unit Head, Public Health Law and Policies, Health Promotion Department, World Health Organization (WHO).

Didorong oleh meningkatnya pemanfaatan teknologi realitas virtual dan augmented, iklan di Metaverse diperkirakan akan tumbuh setiap tahun sehingga mencapai pangsa pasar hampir US$ 4 miliar pada tahun 2030. Banyak ahli memprediksi, pada tahun 2040, Metaverse akan mengaburkan batasan dunia nyata dan dunia digital, serta menjadi bagian kehidupan sehari-hari bagi setengah miliar atau lebih dari jumlah orang di seluruh dunia.

Eka Efriyanti Putri, Koordinator Koalisi Free Net From Tobacco (FNFT) menyatakan, sudah saatnya pemerintah melarang iklan rokok di internet. Laporan dari Vital Strategies ini menyajikan bukti nyata praktik pemasaran rokok terang-terangan di dunia digital.

“Jika tak segera direspon dengan pelarangan, bukan tidak mungkin internet akan dijajah iklan rokok seperti yang sekarang terjadi di media konvensional,” imbuh Eka.

Laporan khusus berjudul “Lahan Baru Pemasaran Rokok: Metaverse, NFT, Advergames dan Teknologi Internet Generasi Baru” ini memaparkan bukti-bukti bagaimana perusahaan rokok mengeksploitasi berbagai platform digital sekaligus memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk segera mengambil langkah pencegahan agar pemasaran rokok tidak merajalela tanpa terkendali.

  • Pelarangan: Melarang semua bentuk iklan, promosi dan sponsor rokok di seluruh
    platform media termasuk platform media yang terus berubah berdasarkan teknologi terbaru.
  • Pengawasan: Membentuk sistem pemantauan media untuk mengidentifikasi tren-
    tren terbaru dalam pemasaran rokok.
  • Penegakan Kebijakan: Mempertimbangkan badan pemerintah dan pemangku
    kepentingan lain mana yang memiliki yurisdiksi untuk meregulasi berbagai platform
    dan mekanisme terbaik untuk menerapkan regulasi tersebut.

Bukti-bukti yang dimuat dalam laporan ini diambil dari Tobacco Enforcement and Reporting Movement (TERM) milik Vital Strategies, sistem pemantauan media digital yang memanfaatkan kekuatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan anggota tim yang terdiri dari para ahli di bidang pengendalian rokok untuk mengidentifikasi bukti-bukti pemasaran rokok di berbagai platform media sosial serta situs berita. (alo)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER