Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Sentimen Saham EBT, PGEO Resmi Masuk Jadi Anggota Indeks LQ45

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) berhasil masuk indeks 45 saham dengan kapitalisasi pasar terbesar dan paling likuid di Bursa Efek Indonesia (BEI), yaitu indeks LQ45. Pencapaian ini mencerminkan pertumbuhan perusahaan yang stabil dengan didukung oleh fundamental yang kuat.

Direktur Keuangan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk, Nelwin Aldriansyah menyatakan masuknya emiten berkode saham PGEO dalam indeks ini disambut positif oleh pelaku pasar. 

“Keberhasilan PGEO masuk dalam Indeks LQ45 menandai pencapaian luar biasa. Bahkan, di sesi perdagangan pertama, saham PGEO sempat melonjak dan hampir mencapai 6 persen. LQ45 mempertegas posisi PGEO sebagai entitas yang signifikan di pasar modal,” jelas Nelwin, Sabtu (27/1).

Pada Kamis (25/2) lalu, BEI mengumumkan hasil evaluasi mayor terhadap konstituen indeks LQ45. Dalam penyesuaian kali ini, ada empat emiten baru yang masuk ke Indeks LQ45, termasuk  PGEO. Penerapan indeks baru ini akan berlaku pada 1 Februari 2024 hingga 31 Juli 2024.

Baca juga: Wacana Energi Hijau Menguat, Yuanta Sekuritas Berikan Rekomendasi Ini untuk Saham PGEO

Indeks LQ45 merupakan salah satu indikator penting dalam dunia investasi saham di Indonesia. Seleksi Indeks LQ45 berdasarkan pada faktor-faktor seperti tingkat likuiditas yang tinggi, kapitalisasi pasar, fundamental perusahaan, serta prospek pertumbuhan.

Dengan nilai pasar saham atau weight PGEO sekitar 0,29 persen dari total nilai Indeks LQ45, keberadaan PGEO memberikan kontribusi yang signifikan terhadap dinamika indeks tersebut.

Kehadiran saham PGEO di Indeks LQ45 memperkuat fokus pasar modal terhadap investasi berkelanjutan. “Hal ini menandakan bahwa ketertarikan investor pada emiten-emiten sektor Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sangat tinggi dan ini menjadi sinyal positif yang patut disyukuri,” kata Nelwin.

Masuknya saham PGEO dalam Indeks LQ45 menandai dorongan positif terhadap transisi energi di Indonesia sekaligus membuka peluang baru bagi PGEO untuk terus memberikan dampak positif dalam sektor EBT. Selain Indeks LQ45, PGEO juga terdaftar dalam Indeks IDX30, IDX80, serta KOMPAS100.

Dengan pencapaian ini, PGE memandang masa depan dengan optimisme sebagai motor penggerak utama dalam perubahan menuju energi berkelanjutan di Indonesia. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER