Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Waspada, Perubahan Transfer Antarbank di BCA Menjadi Rp 150.000 Per Bulan Adalah Hoaks dan Penipuan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Belakangan ini beredar pengumuman tidak resmi mengatasnamakan Bank Central Asia (BCA). Pengumuman itu terkait perubahan tarif transfer antar bank menjadi sebesar Rp 150.000 per bulan. 

Pengumuman ini banyak disirkulasi di aplikasi chatting, dan mengajak nasabah
menekan tombol “view” untuk kemudian diarahkan kepada web palsu yang meminta data-data pribadi nasabah.

Dalam hal ini BCA menegaskan bahwa pengumuman tersebut TIDAK BENAR dan merupakan aksi penipuan. Jika mendapatkan pengumuman tersebut, BCA mengimbau nasabah untuk melakukan hal-hal berikut.

Baca juga: BCA Cetak Laba Bersih Rp 24,2 Triliun di Semester I 2023, Tumbuh 34%

● Abaikan pesan, terlebih jika dihubungi dengan menggunakan nomor pribadi. Bank hanya akan memberikan pengumuman/informasi dari nomor/akun resmi, yaitu WhatsApp Bank BCA pada nomor 08111500998.
● Hindari klik tombol “view” dan mengisi data. Jangan membuka atau klik tombol “view”. Jika sudah terlanjur klik, jangan mengisi web form yang ada di dalamnya. Segera keluar dari website atau microsite yang terbuka dari halaman tersebut.
● Blokir nomor kontak dan hapus pesan.
● Kelola password mobile banking. Buat password yang kuat dan ubah secara berkala.
● Laporkan ke Halo BCA.

Executive Vice President (EVP) Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn menyatakan, sebagai perbankan nasional, BCA terus memperkaya wawasan nasabah akan berbagai kejahatan dunia maya yang mengintai. 

“Kami terus mengimbau masyarakat dan nasabah untuk terus waspada dengan berbagai modus social engineering perbankan. Jika nasabah mendapat informasi mencurigakan dan mengatasnamakan BCA, dapat menghubungi kantor cabang setempat, atau contact center Halo BCA 1500888 dan aplikasi haloBCA,” terang Hera, Sabtu (3/2). (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER