Selasa, 30 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bos XL Axiata Ini Bagikan Pengalaman Menerapkan Kesetaraan Gender

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini membagikan pengalaman perusahaannya menerapkan kebijakan terkait kesetaraan gender dan dukungan kepada karyawan untuk mencapai level pimpinan perusahaan. Menurutnya, bagi XL Axiata yang merupakan perusahaan berbasis digital, keragaman talent memang diperlukan.

Apalagi, berdasarkan penelitian, perempuan di posisi pimpinan perusahaan akan meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan. Karena itu, kesetaraan gender di XL Axiata menjadi kebijakan dan agenda perusahaan.

XL Axiata membuat program yang mendorong karyawan perempuan membangun karir hingga posisi pimpinan. Mulai perekrutan tidak ada diskriminasi gender.

Bahkan, ada program bimbingan khusus bagi talent perempuan yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan karier mereka. Hasil dari kebijakan yang pro kesetaraan gender di XL Axiata tersebut telah membuahkan hasil positif.

Saat ini ada dua perempuan yang menduduki posisi sebagai direktur. Selain itu, 30% posisi leader dipegang oleh perempuan.

“Lebih dari itu, karyawan perempuan menjadi lebih loyal, di mana perempuan yang berpindah ke perusahaan lain lebih sedikit di banding karyawan pria,” tambah Dian, Kamis (30/9).

Dian juga menegaskan perlunya mengubah persepsi keliru yang selama ini sudah tertanam di benak sebagian masyarakat yang menyatakan bidang teknologi dan STEM bukanlah dunia perempuan.

Ini terkait tentang peran perempuan dalam industri yang didominasi laki-laki (khususnya isu STEM).

Padahal menurutnya bidang STEM sama sekali tidak ada hubungannya dengan gender. Dengan kata lain sama sekali tidak ada alasan perempuan tidak bisa menggeluti bahkan menjadi leader di bidang tersebut.

Menurutnya, partisipasi perusahaan swasta dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan di Indonesia sangat diperlukan untuk memastikan kesetaraan bagi pekerja perempuan dalam mendapatkan kesempatan menduduki posisi pimpinan.

Selain itu, perlu pula agar seluruh sektor, bekerja sama dalam menciptakan wadah maupun program yang dapat membantu para perempuan Indonesia mengembangkan usaha dan bakat mereka. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER