Bhinneka.Com Menghadirkan Galeri Sekolah Ekspor

15

FinTechnesia.com | Penguatan usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia membutuhkan sinergi banyak pihak. Termasuk pemerintah, pelaku industri, dan institusi terkait dalam kemitraan strategis.

Maka, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Sekolah Ekspor dan Bhinneka.Com mempersiapkan 1.000 UKM siap ekspor (UKM Indonesia Go Global). “Untuk mencapai tujuan ini, perlu kerja bersama semua pihak,” ucap Chief of Commercial and Omni Channel Bhinneka.Com, Vensia Tjhin, Kamis (26/11).

Program ini mengumpulkan, memberikan bimbingan dan langkah-langkah pengembangan, hingga mengantarkan UKM Indonesia tumbuh. Hingga berkemampuan memasarkan produknya ke luar negeri.

UKM yang ikut serta akan mengikuti proses berjenjang, diawali dengan memperluas pasar secara online lewat Galeri Sekolah Ekspor yang turut diluncurkan. Sampai pada akhirnya memiliki kapasitas yang cukup untuk bermain di level global.

Tantangan UKM Indonesia cukup beragam. Mulai dari kualitas produk, sustainability untuk kelangsungan bisnis, scalability atau peningkatan ukuran bisnis, sampai keterampilan pengelolaan sumber daya dalam memenuhi permintaan dalam maupun luar negeri. “Sehingga program ini kami harapkan bisa menjadi salah satu modul bagi para pelaku UKM yang siap maju,” jelas Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor Kadin Indonesia dan Kepala Sekolah Ekspor, Handito Joewono.

Melalui kerja sama dengan Bhinneka.Com ini para calon eksportir baru dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari pembelajaran Sekolah Ekspor di awal. Kemudian dapat mempersiapkan produk dengan harga dan konten marketing yang baik. Lalu dengan menjadi merchant di Bhinneka.Com juga memperoleh akses untuk bantuan permodalan bisnis, logistik, dan sebagainya. (eko)