Terra Drone Indonesia Lakukan Inspeksi Flare Stack PT Donggi Senoro LNG

13

FinTechnesia.com | Terra Drone Indonesia berhasil melakukan pekerjaan inspeksi visual pada flare stack milik PT. Donggi Senoro LNG menggunakan drone. Pekerjaan di kilang LNG Donggi Senoro di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Drone berjenis multirotor dengan kamera RGB beresolusi tinggi, dapat di-zoom hingga 30 kali. Dan mampu mengumpulkan gambar visual pada objek yang diinginkan seperti baut, mur, sambungan, retakan, korosi dan lain-lain dari bawah hingga puncak. Drone dilengkapi pemeriksaan thermal, mampu mengumpulkan gambar untuk mengidentifikasi anomali seperti korosi, retakan, atau indikasi lain.

Ide menggunakan drone pemeriksaan flare stack adalah untuk mencapai area di mana manusia akan menanggung risiko keamanan besar dari bekerja di ketinggian. “Dalam menjalankan pekerjaannya, Terra Drone Indonesia dilengkapi dengan sistem manajemen QHSE yang sesuai dengan standar yang berlaku untuk meminimalisir potensi bahaya yang akan terjadi dengan menggunakan drone,” terang Michael Wishnu Wardana, CEO Terra Drone Indonesia, pekan lalu.

Sebagai imbalan, aktivitas ini membantu para pengawas melakukan penilaian flare stack secara menyeluruh dengan risiko dan waktu lebih sedikit.

Terra Drone Indonesia banyak melakukan inspeksi flare stack dan infrastruktur lai di berbagai perusahaan minyak dan gas di Indonesia dengan menggunakan drone.

Pemanfaatan drone menjadi solusi yang mampu menghilangkan atau setidaknya mengurangi downtime infrastruktur kritis dalam operasi migas. Kegiatan ini sangat membantu perusahaan migas, baik dari segi teknis maupun ekonomis. (eko)