Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Ada Larangan Mudik, Telkomsel Tetap Mempersiapkan Jaringan, Begini Gambarannya

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Pada momentum Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik komunikasi  broadband sebesar 20%. Sedangkan trafik layanan legacy voice dan SMS diprediksi menurun dibandingkan dengan hari norma.

Mengantisipsi hal tersebut, Telkomsel memusatkan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan sekitar 436 point of interest (POI) dengan fokus di 300 titik residensial yang mengalami kenaikan trafik signifikan sejak imbauan beraktivitas di rumah. Lalu 58 titik rumah sakit rujukan COVID-19, 38 titik area transportasi utama tiap provinsi seperti bandara dan pelabuhan Juga 31 titik area transportasi logistik, alat-alat kesehatan dan kebutuhan pokok. Serta pengamanan jaringan di akses jalur tol dan jalan utama sepanjang 16.000 km di Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan.

Upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan yang juga Telkomsel lakukan adalah dengan menghadirkan 11.000 BTS baru berteknologi multi-band Long Term Evolution atau 4G. Mengoperasikan tambahan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6,100 Gbps (6 Tbps) untuk menjamin kelancaran akses data di seluruh Indonesia. STelkomsel saat ini memiliki 219.000 unit BTS, dengan 87.000 unit di antaranya merupakan BTS 4G. Berbekal infrastruktur yang mumpuni, cakupan 4G Telkomsel pun telah menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia.

Telkomsel tetap melakukan drive test (uji jaringan) secara langsung, dengan total jarak tempuh mencapai sekitar 16.000 km. Telkomsel memastikan seluruh layanan dan kualitas jaringan berfungsi optimal dan prima terutama di seluruh POI. Termasuk jalur transportasi utama seperti jalan tol yang di antaranya 23 ruas tol utama (termasuk 5 ruas tol baru) di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Saat ini, coverage sinyal Telkomsel sudah mencapai 100% di tol Trans Sumatera, jalur tol Trans Jawa, jalur kereta api Trans Jawa, serta jalan utama dan jalan tol Balikpapan-Samarinda.

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER