Rabu, 7 Desember 2022

Idul Fitri di Tengah Wabah Corona, Trafik Data XL Axiata Melejit 25%

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | XL Axiata mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan seputar Idul Fitri 1441 H. Di periode 18-26 Mei 2020, Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata mencatat kenaikan trafik layanan data sebesar 25% dibandingkan hari-hari normal sebelum wabah corona. Sementara itu, layanan legacy SMS dan percakapan melorot masing-masing 20% dan 10% dibandingkan hari normal sebelum pandemi Covid-19.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, pola konsumsi layanan telekomunikasi dan data selama Lebaran tahun ini tidak terlepas dari pandemi corona. Virus ini memaksa masyarakat lebih banyak berada di rumah. Apalagi, mudik juga dilarang. Sehingga berpengaruh pada kebiasaan masyarakat dalam mengisi masa libur. “Misalnya kebiasaan mengunggah foto atau video liburan tidak ada lagi lantaran lokasi wisata rata-rata tutup. Sebaliknya kini acara silaturahmi dan sungkeman diganti dengan cara virtual memakai video call,” terang Gede, Kamis (28/5).

Teknologi digital menjadi salah satu sarana memfasilitasi masyarakat yang terhalang Covid-19. Empat jenis layanan data mengalami kenaikan trafik paling tinggi selama periode lebaran dibandingkan periode hari normal sebelum pandemi. Yakni, instant messaging (IM) melonjak 32% dan layanan video call dan sejenisnya meningkat 26%. Lalu social network service naik 22% dan layanan streaming seperti game, video, musik, movie tumbuh 14%.

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER