Selasa, 30 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Di Semester I 2020, Bank BNI Mencetak International Funding Rp 62 Triliun

BACA JUGA


Kantor Cabang BNI Hong Kong
Kantor Cabang BNI Hong Kong


Selain dari itu, BNI melalui unit International Desk dan KCLN Tokyo memiliki kerja sama dengan 54 Japan Regional Bank (JRB). Dalam kerja sama tersebut JRB melakukan penempatan dana di KCLN Tokyo. Selanjutnya mendanai perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia.

KCLN Singapore, Hong Kong dan New York juga menjadi anggota (direct participant) dari sistem kliring mata uang SGD, HKD, CNY dan USD. Hal ini membuat BNI mampu menjadi depository correspondent.

Dan memberikan fasilitas pembayaran lintas negara (cross border payment) bagi bank-bank devisa di Indonesia. Serta dapat menampung dana valuta asing bagi perbankan Indonesia tersebut.

Khusus KCLN New York juga mencatatkan diri sebagai bank pertam Indonesia yang menerbitkan sertifikat deposito (Certificate of Deposit/CD) global. Dengan peluncura program Global CD senilai US$ 1 miliar di tahun 2020. Program Global CD ini menyasar investor non-bank. Sehingga dana yang diperoleh masuk dalam kategori DPK.

Putrama menambahkan selain diversifikasi sumber pendanaan bagi BNI, program Global CD juga dapat meningkatkan basis konsumen (customer based) KCLN.   Ke depan, strategi pendanaan di KCLN akan mengutamakan pertumbuhan DPK, dengan memperhatikan ketentuan perbankan yang berlaku di Indonesia.Aantara lain terkait Utang Luar Negeri (ULN) Jangka Pendek. “Adapun strategi pendanaan non-konvensional akan dilakukan dengan melihat perkembangan kredit dan DPK serta dengan tetap mempertimbangkan kondisi pasar”, tutup Putrama.  (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER